Pariah (2011) : A Fully Grown Up Lesbian Teenage Story

Sutradara : Dee Rees

Penulis : Dee Rees

Pemain : Adepero OduyeKim WayansCharles Parnell

Tagline : Who do you become when you can’t be yourself?

“For me, this is a mature heartbreaking teenage movie which taught me, growing up is about choice.”

About

Film Pariah adalah film drama kontemporer yang dipremier-kan pada Festival Film Sundance 2011. Film ini mendapat banyak pujian, salah satunya adalah Excellence In Cinematography Award. Film ini sekaligus versi panjang dari film pendek yang pernah diproduksi dengan judul yang sama dan sutradara yang sama, Dee Rees.

Film dengan tema lesbian ini merupakan film yang terinspirasi oleh pengalaman sang sutradara sendiri, tidak heran jika film ini terasa sangat real dan heartbreaking.

Menceritakan seorang remaja berumur 17 tahun bernama Alike tinggal serumah dengan keluarga yang kurang harmonis di kota Brooklyn. Ayahnya adalah seorang polisi yang selalu keluar rumah, Ibunya adalah seorang paranoid yang telah menduga Alike mempunyai penyimpangan, sedangkan adiknya adalah saudara yang sama sekali tidak memihak padanya. Kondisi rumah yang tidak kondusif membuat Alike lebih suka bergaul di rumah. Masalah timbul ketika dia berada dalam konflik menunjukkan identitasnya sebagai lesbian tanpa harus mengorbankan keluarga, teman dan sekolahnya.

This is good movie

Tidak seperti film bertema sama, seperti Chloe atau Brokeback Mountain, film ini tidak terlalu sarat dengan adegan erotis layaknya orang dewasa. Film ini lebih terpusat pada kompleksitasnya psikologis seorang Alike yang ‘nyatanya’ seorang lesbian namun harus selalu menutup-nutupinya. Tidak hanya kompleksitas seorang Alike saja, namun eksplorasi dan pengembangan karakter lain juga membuat film ini serasa dekat dengan kehidupan nyata di dunia keseharian kita.

Quote

Alike : Breaking is freeing, broken is freedom. I am not broken, I am free.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s