God Bless America (2011) : Dark Comedy About Sick People Kill ‘Sick’ People

Sutradara : Bobcat Goldthwait

Penulis : Bobcat Goldthwait

Pemain : Joel Murray, Tara Lynne BarrMackenzie Brooke Smith

Tagline : Taking out the trash, one jerk at a time.

“I’m offended by watching this movie, definitely in fun way.”

God Bless America merupakan komedi satir yang dipremierekan pada 2011 Toronto International Film Festival. Film dengan rated R ini bercerita tentang seorang Frank yang telah merasa putus asa, bukan hanya dengan hidupnya sendiri namun juga dengan betapa sakitnya media sekarang. Ketika dia mengalami diagnosis terkena kanker otak dan dipecat dari pekerjaannya karena dituduh melakukan sexual harrasment, akhirnya mencoba melakukan tindakan bunuh diri. Namun, niat bunuh diri ia tunda, ketika dia melihat seorang gadis bintang reality show yang selama ini ia benci. Niat untuk membunuh sang bintang pun ia rencanakan, sebelum ia bunuh diri. Namun seorang gadis dari antah berantah, Roxy, mengubah pikirannya, bahwa ternyata masih banyak orang-orang ‘menyebalkan’ yang perlu ia bunuh.

Amuse me enough
Komedi dengan dark humour ini benar-benar menyinggung dari segala aspek, terutama media. Bagaimana seseorang terus dicekoki oleh tontonan yang tidak bermoral dan tidak berselera, namun hal itu malah terus dinikmati.
Sindiran tentang American Idol, reality show yang terkesan sangat fake, dan hal-hal bersifat entertainment lainnya, termasuk Diablo Cody-penulis Juno, juga mendapatkan kritikan yang ternyata dapat menghibur penonton, sebuah film komedi yang berani.

Lost a little bit in the middle
Di tengah film, film terasa tidak ada tujuan, atau serasa stagnant dan bingung kemana arah tujuan film mau dibawa, hanya pembunuhan satu, dan pembunuhan lainnya. Serta, jika penonton mengaharap gore yang berdarah-darah, maka film ini tidak akan memuaskan, film ini hanya menyajikan orang-orang yang tertembak. Dalam hal ini, Kick Ass masih sangat lebih baik dalam menyajikannya.

Trivia
Buku yang diserahkan Frank kepada Karen adalah buku Pride and Prejudice and Zombies. Sisi lain karya Jane Austen, Pride and Prejudice. Seperti halnya karya Jane Austen, buku ini juga akan difilmkan, dengan bintang Natalie Portman dan Emma Stone, namun Emma Stone telah dinyatakan mundur (mungkin, karena ada wacana dia akan membintangi sekuel Zombieland juga).

Quote
Roxy : No. Diablo Cody. F*ck her for writing that movie, she’s the only stripper who suffers from too much self esteem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s