The Amazing Spider-Man : The Untold Story of Peter Parker Begins

Sutradara : Marc Webb

Penulis : James Vanderbilt (screenplay), Alvin Sargent (screenplay), etc

Pemain :  Andrew GarfieldEmma Stone and Rhys Ifans

Tagline : The untold story begins.

“Re-storytelling is worth it, charming Garfield, gorgeous Stone and lotta of Webb’s web style of comedic romantic emotional things.”

About

The Amazing Spider-Man adalah projek reboot yang dilakukan oleh Sony setelah melakukan pembatalan Spiderman 4 Tobey Maguire-Sam Raimi. Film ini mendapuk Marc Webb, sutradara (500) Days of Summer, sebagai sutradara projek ini dan mendapatkan pasangan Andrew Garfield dan Emma Stone setelah melakukan proses audisi yang rumit.

Film yang mengadaptasi dari buku komik Marvel ini menceritakan kembali kisah Peter Parker saat dia SMU dan saat dia mengalami cinta pertamanya dengan Gwen Stacy. Dengan misteri yang belum terungkap akan kehidupan ayahnya, Peter Parker berhasil memberi kesan pada Dr. Curt Connors yang tidak lain adalah teman ilmuwan ayahnya. Pertemuan inilah yang menakdirkan Peter Parker berubah menjadi hero, Spiderman, dan Dr. Connors mengalami kesalahan laboratorium yang menjadikannya The Lizard, sang villain. Perkelahian keduannya tidak terelakkan ketika Peter Parker mengetahui rencana jahat The Lizard.

A little bit repetition but very entertaining

Film ini menghadirkan storyline yang memang agak mirip dengan installment Spiderman-Sam Raimi yang pertama. Tentu saja hal ini sedikit banyak menyebabkan plot cerita predictable dan sedikit menjemukkan. Namun, penampilan Garfield yang cukup charming dan lucu, serta chemistry yang didapatkan dengan kekasihnya, Emma Stone, benar-benar menjadi hal tersendiri yang membedakan film ini dengan pendahulunya. Marc Webb juga berhasil memberikan sentuhan romantic dan comedic, serta memberikan penekanan emosi pada karakter Peter Parker yang jauh lebih dalam dan Garfield dapat memerankannya dengan baik tanpa kehilangan sisi teenage dari kehidupan SMA-nya.

Dari segi The Lizard, film ini tidak terlalu menciptakan pengagungan pada sisi villain, mungkin hal ini dikarenakan cerita juga ingin menyeimbangkan kekuatan Peter Parker sebagai Spiderman baru yang belum terlalu hebat. Hal ini terlihat dengan bagaimana perjuangan seorang Spiderman di scene-scene akhir yang jauh lebih humanis daripada Spiderman sebelumnya.

Intinya, film ini seperti re-storytelling cerita lama Spiderman dengan gaya yang lebih muda, romantic comedic ala sang sutradara, Marc Webb, dengan pesona para pemerannya, terutama Garfield.

Jika reboot ini dilakukan beberapa tahun kemudian, tidak dengan jangka waktu 10 tahun, mungkin film ini akan jauh terkesan lebih ‘fresh’ dan tidak menjemukkan. Hal inilah yang menjadikan film ini kurang special dan kurang ‘amazing’, namun tetap menghibur.

Trivias

Baik Emma Stone dan Bryce Dallas Howard berperan dalam film The Help, dan keduanya memerankan peran Gwen Stacy dalam film Spiderman.

Quote

Dr. Curt Connors              : There`s a rumour of a new species in New York. It can be aggresive if threatened.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s