The Awakening (2011) : Another Sceptic Reveals Ghost’s Existence

Sutradara : Nick Murphy

Penulis : Stephen Volk (screenplay), Nick Murphy (screenplay)

Pemain : Rebecca HallDominic West and Imelda Staunton

Tagline : Sometimes dead does not mean gone

“I wasn’t awakened by this “awakening” old fashioned horror movie.”

About

The Awakening adalah film horror  Inggris yang dirilis pada tahun 20122 yang dibintangi oleh Rebecca Hall, Dominic West dan juga nominasi Oscar, Imelda Staunton.

Film berkisah tentang  penulis yang diundang ke sebuah sekolah untuk membantu para murid yang sering diperlihatkan penampakan hantu bahkan para murid ini mulai trauma karena sang hantu mulai meminta korban. Dengan pendekatan serba logika, Florence Cathcart (Hall) berusaha menguak dibalik misteri hantu ini dibantu dengan seorang guru, Robert (West), seorang housekeeper (Staunton), dan seorang anak yatim piatu, Tom. Ternyata, misteri yang harus dikuak melebihi apa yang dapat Florence bayangkan.

Nick Murphy selaku sutradara baru (newcomers) berhasil dinominasikan dalam London Film Festival, sebelumnya ia lebih menyutradarai TV series dan documentary.

Promising beginning

Dengan awal scene yang sangat menjanjikan disertai dengan penampilan Rebecca Hall yang turut meyakinkan, film ini menyetting ekspektasi saya cukup tinggi. Ditambah dengan penampilan Imelda Staunton yang semakin menambah deretan misteri apakah yang terkubur di dalam sekolah tersebut.

Plot yang membosankan mulai menyerang ketika Florence mulai mengeluarkan alat-alat berbau science-nya dan berbagai scene-scene khas ala old fashioned horror.

There’s a twisted ending but not a clever one

Diharapkan ketika di tengah film, ending film ini akan “wow” namun ternyata twisted ending yang disajikan tidak cukup membuat penonton merasa bodoh.  Ending hanya menampilkan komentar “Oh, that’s it” ketimbang “ Wow ! Really ?, mungkin karena hint-hint yang ditebar di sepanjang film hanyalah hint-hint yang terlalu ringan untuk ditangkap penonton.  Jika mencari horror yang bertwisted dan mencekam, film ini kurang dapat direkomendasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s