Biography : Jason Reitman, A Perfection for Subtle Comedy

“It’s fun to watch his movies which bring serious issue in subtle comedy. He never forget the truth in his comedy.”

Sebagai sutradara, Jason Reitman mulai dikenal ketika film feature pertamanya Thank You for Smoking berhasil mendapatkan pengakuan secara kritik dan juga sukses secara komersial. Jason Reitman sendiri adalah sutradara Amerika Canada yang mulai karirnya dengan menjadi actor dan crew di sejumlah film dan menyutradarai berbagai film-film pendek. Tidak hanya terbatas pada ranah penyutradaraan saja, Reitman juga merangkap sebagai penulis naskah dan produser.

Sutradara yang dilahirkan di Quebec, Canada ini telah berhasil menyabet nominasi piala Oscars sebanyak 4 kali dengan Juno sebagai film pemberi kontribusi terbanyak dalam nominasi tersebut. Terbukti film-filmnya yang didominasi dengan pembawaan naratif dari tokoh utamanya ini berhasil mengantarkan Ellen Page, George Clooney, Anna Kendrick, dan Vera Farmiga dinominasikan dalam Oscar dan Aaron Eckhart serta Charlize Theron dinominasikan dalam Golden Globe. Salah satu ciri dari film-film Reitman adalah walaupun hamper semuannya bergenre komedi , namun Reitman mengemasnya dengan kemasan ‘real’ dan tidak berlebihan, tentu saja hal ini juga didukung oleh screenplay yang melandasi.

Berikut ini adalah film-film feature dari Jason Reitman yang melambungkan dan terus mencerahkan karirnya.

Thank You for Smoking (2005)

Diadaptasi dari buku novel satir dengan judul yang sama karangan Christopher Buckley dan ditulis oleh Reitman sendiri, film ini bercerita tentang Nick Naylor (diperankan oleh Aaron Eckhart), seorang juru bicara dari perusahaan rokok besar yang harus menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dari berbagai macam pihak. Film ini sarat akan jokes sarcasm dan pesan yang menyinggung industry rokok dan hal-hal yang berkaitan dengan issue tersebut. Film yang dilengkapi dengan dialog-dialog yang cerdas dan dilontarkan dengan cepat ini berhasil membuktikan Reitman sebagai sutradara yang cerdas, ditambah penampilan ‘smart’ dari Aaron Eckhart.

Juno (2007)

Sebuah kolaborasi pertama yang dilakukan Reitman dan Diablo Cody berhasil mengantarkan sang penulis naskah menyabet piala Oscarnya untuk pertama kali. Film yang kembali mengangkat issue sensitive ini bercerita tentang Juno (diperankan oleh Ellen Page), gadis belia dibawah umur,  yang dihamili oleh pacarnya Bleeker (diperankan oleh Michael Cera) dan mengambil keputusan diluar sebuah keputusan wajar. Masih dengan dialog dan jokes yang dilontarkan dengan cepat, film ini berhasil menjadi film komedi yang paling diakui pada tahun tersebut.  Ellen Page yang baru berusia 20 tahun berhasil menjajarkan dengan artis muda lainnya yang berhasil dinominasikan Oscars sebagai Best Actress in a Leading Role. Film ini disempurnakan oleh ensemble cast dari Alison Janney, Alan Arkin, Jason Bateman dan Jennifer Garner.

Up In The Air (2009)

George Clooney. Jason Reitman. Cukup. Entah mengapa sepertinya film-film arahan Jason Reitman tidak pernah mengalami miscast bahkan Reitman telah sukses mengarahkan empat actor untuk meraih nominasi Oscarsnya, tiga diantaranya berasal dari film ini. Turut dibintangi oleh Vera Farmiga, Anna Kendrick dan Jason Bateman, film ini bercerita tentang Ryan Bingham, pemecat bengis yang lebih sering ‘hidup’ di pesawat daripada daratan. Masih tipikal film-film, Jason Reitman, jokes segar plus alur yang mengalir dan diakhiri dengan ending yang memuaskan namun tidak berlebihan menjadikan film ini sangat layak untuk ditonton dan banyak menjadi film favorit orang-orangdi tahun tersebut.

Young Adult (2011)

(Masih) Jason Reitman. (Kembalinya) Diablo Cody. Bakat Charlize Theron . Masih segar diingatan kita bagaimana seorang Mavis Gary (diperankan Charlize Theron) masih terlalu terpaku dengan masa lalunya yang indah dan berusaha merayu kembali mantan pacarnya, Buddy Slade (diperankan Patrick Wilson). Penampilan Theron yang meyakinkan menyelamatkan film ini dari storyline dari Diablo Cody yang cenderung ‘menjengkelkan’ penonton.

Next Project : Labor Day (2013)

Film bergenre drama yang dibintangi oleh Kate Winslet, Josh Brolin dan Tobey Maguire diadaptasi dari novel Joyce Maynard bercerita tentang Adele, single parent yang depresi, dan anaknya yang memberi tumpangan pria misterius di hari sebelum akhir minggu Labor Day.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s