Monster (2003) : Aileen Wuornos, A Prostitute Turns Out To Be A Serial Killer

Sutradara : Patty Jenkins

Penulis : Patty Jenkins

Pemain : Charlize TheronChristina Ricci, Bruce Dern

“Anchored by Theron’s tremendeous transformation, this painful movie is worth it.”

About

Aileen Wuornos adalah pembunuh berantai yang membunuh enam laki-laki Amerika di tahun 1989 sampai 1990. Aileen Wuornos dieksekusi pada tahun 2002 setelah 12 tahun di dalam penjara. Satu tahun kemudian sebuah film, Monster, disutradarai oleh Patty Jenkins dan Charlize Theron dirilis, menceritakan tentang kehidupan Wuornos dan tak luput serangkaian pembunuhan yang dilakukakannya setelah ia berjumpa dengan Selby, gadis pujaan hatinya, yang diperankan oleh Christina Ricci.

Film ini berhasil memukau para pecinta film ketika Theron memberikan penampilan yang luar biasa dan menjadikannya artis wanita Afrika pertama yang menyabet piala Oscar.

T for tremendeous Theron                                

Transformasi Theron sebagai Wuornos benar-benar harus diacungi jempol. Secara fisik, Theron benar-benar berubah dari wanita paras cantik menjadi wanita gemuk yang sangar. Tidak hanya secara fisik, dari body language, cara bicara, sampai emosi yang dikeluarkan Theron sebagai pembunuh berdarah dingin namun tidak melupakan sisi humanis dari pembunuh itu sendiri sungguh luar biasa. Penampilan Theron adalah salah satu factor dongkrak yang membuat storytelling dari film ini terasa sangat mengalir.

Dai segi cerita, film ini memberikan cerita yang cukup pahit dicover dengan berbagai naratif yang terkesan naïve dari Wuornos membuat seketika jalan cerita sangat depresif.  Sebuah film yang berhasil menceritakan sebuah kehidupan dengan sangat intens dari Aileen Wuornos.

Trivias

  • Kate Hudson dan Kate Winslet sempat dipertimbangkan untuk memerankan Aileen Wuornos.
  • Theron harus memakai gigi palsu, menaikkan berat badannya sekitar 15 kilogram, bahkan mencukur alisnya untuk memerankan Wuornos.

Quote

Aileen Wuornos : All you need is love and to believe in yourself. Nice idea. It doesn’t exactly work out that way. But I guess it was better to hear a flat-out lie than to know the truth at 13.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s