Sinister (2012) : Ambitious Writer Risks His Family for Demon in Haunting House (Again)

Sutradara : Scott Derrickson

Penulis : C. Robert Cargill, Scott Derrickson

Pemain : Ethan Hawke, Juliet Rylance, Michael Hall D’AddarioClare Foley

Tagline : Once you see him, nothing can save you.

“Sorry, the twist is not enough.”

About

Sinister menjadi salah satu film horror yang paling diantisipasi oleh pecinta horror. Bagaimana tidak, beberapa poster  dari Sinister berhasil menarik perhatian, ditambah dengan trailer dengan durasi kurang dari 3 menit mendapat predikat ‘cukup menegangkan”. Poster film ini masih menggunakan embel-embel “From producer Paranormal Activity dan Insidious”, dua buah film yang dirasa overrated. Film ini juga melibatkan komponen “found footage” dalam storylinenya yang sedang booming di genre film horror. Film ini dibintangi Ethan Hawke, disutradari oleh orang yang sudah tidak asing menggarap film horror, Scott Derrickson.

Cerita diawali adegan intens sebuah keluarga digantung di sebuah pohon dengan sadis. Beberapa bulan kemudian, sebuah keluarga (Ethan Hawke, Juliet Rylance, Michael Hall D’Addario, Clare Foley) pindah ke rumah yang sama, disertai misteri bekas crime scene penggantungan keluarga itu. Ethan Hawke berperan sebagai Ellison Oswalt, seorang penulis ambisius yang berusaha mendapatkan kejayaannya lagi sebagai penulis. Ketika memberesi barang, Oswalt menemukan sebuah kardus berisikan proyektor tua dan footage yang berisikan serangkaian pembunuhan misterius yang dilakukan sejak tahun 1960. Ditutupi dengan ambisi berlebihannya, Oswalt terus mengeksplorasi setiap video pembunuhannya ini tanpa menyadari bahwa keluarganya ini dalam ancaman iblis yang sangat jahat.

Film ini mengambil sosok iblis, Bughul, yang sangat miskin informasi di internet. Entah apakah Bughul ini adalah legenda asli atau bukan, namun di dalam film dijelaskan bahwa Bughul adalah iblis yang suka membunuh seluruh anggota keluarga, menculik anak-anak mereka kemudian mengajak mereka ke alam gaibnya.

Why people keep walking when they know something bad is following their back ?

Penggunaan found footage kuno yang berisikan serangkaian pembunuhan misterius benar-benar membuat bulu kuduk berdiri. Terasa kuno. Terasa antik. Apalagi scene dimana seluruh keluarga digantung lewat sebuah pohon yang ditumbangkan, itu benar-benar intens, benar-benar memicu rasa penasaran penonton dari awal.

Perjalanan film dari awal sampai akhir diselipi berbagai runtutan scene yang tidak asing lagi, terror-terror diterima namun ceritanya terkesan hanya berjalan di tempat. Penyelidikan yang dilakukan oleh Oswalt pun terasa sangat monoton namun diimbangi dengan penampilan dari Ethan Hawke yang pantas dihargai.

Sepanjang film penonton dibuat menduga-duga, siapakah sosok Bughul yang muncul di setiap found footage yan diputar Oswald ? Ekspektasi akan twist yang mungkin ditunjukkan sebagai climax show pun meninggi. Alhasil, film ini memang memberikan twist, namun tidak cukup memuaskan. Untuk penonton yang menyukai jump scare, yang notabene bukan karena takut, namun karena kaget akan meng-excuse film ini. Tidak ada yang baru, namun jika ingin sedikit ketakutan dengan beberapa scene yang mengagetkan, bolehlah ini film. Film pun diakhiri dengan kurang beraksinya sang Bughul dan kurang klimaxnya adegan akhir yang harusnya mungkin dikemas dengan lebih sedikit gore.

Satu lagi, scene terakhir Bughul di akhir film itu sangat konyol, please for horror genre, get over it this kind of scene in the end of movie. What’s the point ?

Hmmm, semi spoiler, twistnya berkaitan dengan movie posternya, hehe.

Trivia

Bughul merupakan villain ciptaan sang sutradara yang merujuk pada Boogeyman.

Quote

Ashley  : Don’t worry Daddy… I’ll make you famous again.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s