One Flew Over The Cuckoo’s Nest (1975) : A Little Bit Madness in Mental Institution

Sutradara ; Milos Forman

Penulis : Lawrence HaubenBo Goldman

Pemain :  Jack NicholsonLouise Fletcher, Danny DeVito, Brad Dourif

“I love how Nicholson defines “crazy” and I love how Fletcher defines “villain” plus the patients are crazy good.”

About

Oscar 2013 sebentar lagi datang, marilah mengawali awal tahun dengan sok-sokan mereview film yang pernah memborong beberapa Oscars statue, 5 buah, wew !

Film ini memenangkan Best Picture Oscar 1976. Belum cukup ? Milos Forman juga dinobatkan Best Director 1976. Belum cukup juga ? Jack Nicholson dan Louise Fletcher keduannya berhasil menyabet Best Actor dan Best Actress. Oke, film ini juga memenangkan Best Writing, Screenplay Adapted From Other Material. Tidak dapat disangkal, Oscars memang dapat menjadi buzz bahkan untuk film yang rilis hampir lebih dari 35 tahun ini. Generasi  sekarang akan dibuat penasaran untuk sebuah film klasik yang mendapatkan 9 nominasi Oscars dan memenangkan 5 diantaranya.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ken Kesey ini bercerita tentang kedatangan seorang criminal ke sebuah rumah sakit jiwa, Mac, diperankan oleh Jack Nicholson, untuk dievaluasi apakah ia mempunyai penyakit kejiwaan atau tidak. Ketika berada disana, ia bergaul dengan banyak pasien  yang mempunyai kepribadian istimewa dan masalah kejiwaan yang harus mereka hadapi. Konflik timbul ketika Mac menjumpai Nurse Ratched, diperankan oleh Louise Fletcher, yang sangat mengatur kehidupan di rumah sakit jiwa tersebut. Sementara menunggu rencana kaburnya, Mac memberikan pengalaman yang sedikit ‘gila’ untuk teman-temannya sedangkan ia harus tetap berlawanan dengan Nurse Ratched.

Top notch acting? Yes, it is. The story is flowing, the character development is very good

Jack Nicholsondengan muka yang memang sedikit ‘phsyco’ memang menunjukkan acting yang menawan. Jika pernah melihat The Shining dimana ia pelan-pelan gila, disini ia menunjukkan ekpresi kegilaan yang sedikit lebih realistis diselipi dengan emosi di dalamnya sehingga apa yang tunjukkannya adalah benar-benar seperti karakter asli, bukan ia berusaha berakting menjadi orang gila.

Louis Fletcher, begitu subtle, begitu halus, aktingnya begitu lembut, sehingga seringkali penonton dibuat tidak merasa bahwa ia adalah villain di dalam film. Aktingnya terlihat effortless namun sama sekali tidak mengurangi karakter kejam, tajam dari seorang villain.

Belum lagi ada beberapa pasien yang mempunyai karakter kuat dan mempunyai permasalahan masing-masing berhasil diperankan dengan baik oleh masing-masing actor seperti Danny Devito, Brad Dourif, Sydney Lassick dan lain-lain. Karakter dari masing-masing pemain begitu memorable.

Yang menarik adalah lewat dialog dan jalan ceritanya, film ini mengembangkan tokoh dengan begitu apik tanpa bertabrakan satu sama lain dan berhasil mengembangkan ending cerita yang sama sekali tidak terduga. Walaupun hanya bersetting pada satu gedung dan beberapa scene outdoor namun film ini sama sekali tidak membosankan sekligus film ini memberikan definisi baru tentang “kegilaan” dan arti “care” yang sebenarnya.

Trivia

Pencapaian film ini di Oscars tidak terulang sampai film The Silence of The Lambs dirilis di tahun 1991 yang juga menampilkan duo akting keren, Anthony Hopkins dan Jodie Foster.

Quote

Chief : I’m not going without you, Mac.

4 comments

  1. sampe sekarang masih suka miris and ‘surprised’ by the ending…what the hell!!!

    Oscar 76 film yg masuk nomine best picture bner2 bagus2 banget,,kalo ane anggota ampas, bner2 perlu mikir buat milih ni film atau Dog Day afternoon (masterpiece,btw)

      1. dan..kalo tuh film rilis skrg2 ,,pasti Louis Fletcher ‘harusnya’ masuk race supporting actress..
        kayanya taun itu kebanyakan film male-driven apa ya..sampe Fletcher bisa menang di Lead Actress saking sepinya ^^

      2. hahaha setuju seharusnya dia supporting actress, paling nggak nggak kayak Winslet yang digeser jd supporting di The Reader di Golden Globe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s