Gangster Squad (2013) : A Squad is Trying to Fight The King of LA

Sutradara : Ruben Fleischer

Penulis : Will Beall

Pemain :  Sean Penn, Josh Brolin, Ryan Gosling,  Emma Stone

Tagline : No Names. No Badge. No Mercy

“Pretty good ensemble cast isn’t a guarantee to make this bam-bam-bam script works.”

About

Sebuah penembakan di pemutaran midnight film The Dark Knight Rises dan sebuah kebetulan film ini yang menyertakan scene penembakan di bioskop lewat trailernya, membuat film ini harus diundur sampai tahun ini untuk melakukan re-shoot. Sangat kecewa memang, namun mengingat ensemble cast yang terlibat dalam film ini meliputi beberapa pemain kawakan seperti Sean Penn, Josh Brolin, Nick Nolte, Ryan Goling ditambah rising superstar yang memerankan femme fatale, Emma Stone, film ini layak menjadi salah satu film yang paling dinantikan di tahun 2013. Disutradari pula oleh sutradara yang secara sangat kreatif menggarap tema zombie lewat Zombieland, dan sempat terpeleset lewat 30 Minutes or Less, Ruben Fleischer siap menyajikan film gangster yang sarat akan adegan violence dan bam, bam, bam !

Ketika Los Angeles dikuasai oleh Mickey Cohen (Sean Penn), seorang pemimpin gangster yang kejam, dan membuat fungsi polisi menjadi lumpuh, seorang John O’Mara (Josh Brolin) berhasil menarik perhatian Chief Parker (Nick Nolte) untuk membentuk suatu squad untuk mengacaukan kegiatan operasi dari sang gembong mafia. O’Mara pun kemudian merekrut beberapa orang untuk melancarkan tugas yang tidak hanya membahayakan mereka saja, namun juga keluarga dari masing-masing anggota. Salah satu anggotanya adalah Jerry (Ryan Gosling), seorang polisi yang mempunyai affair dengan Grace Faraday (Emma Stone) yang notabene adalah wanita dari Mickey. Apakah operasi No Names No Badge No Mercy tersebut akan meruntuhkan kekuasaan sang ketua gangster ?

It’s like too many shortcuts in the storyline, so it seems too shallow.

Film ini diawali dengan adegan intens kekejaman Cohen dan aksi tunggal O’Mara yang bisa dikatakan berhasil. Seiring berjalannya film, jalan cerita terkesan dibuat ‘solusi mudah’ sehingga seperti tercipta banyaknya shortcut-shortcut jalan cerita yang membuat penonton kurang merasa ikut dalam cerita. Kisah cinta Faraday  dan Jerry pun dirasa kurang ada penetrasi yang mumpuni untuk menjadikan kisah cinta mereka memorable di film. Kegiatan operasi dari “Gangster Squad” pun dibuat tanpa rencana dan arah yang jelas sehingga seakan-akan mereka hanya menunggu untuk terbuka semua kedok mereka oleh Cohen, tidak ada intrik, tidak ada sesuatu yang mampu memicu pikiran penonton untuk ikut terlibat. Adegan final, termasuk adegan Cohen vs. O’Mara, yang diharapkan lebih breathtaking pun hanya lewat begitu saja, tanpa emosi, just bam-bam-bam and that’s it.

Ekspektasi adalah masalah yang menjadikan film ini kurang berhasil. Ketika penonton disajikan pemin watak seperti Sean Penn, Josh Brolin bahkan Ryan Gosling, ekspektasi yang tercipta adalah sebuah film drama criminal tentang gangster yang penuh dengan pemikiran dan digarap dengan lebih dalam. Semua itu tidak ada. Dengan ensemble cast yang beitu memukau hanya Ryan Gosling yang berhasil mencuri perhatian dengan aksen gaya bicaranya yang akan sedikit mengingatkan kita pada gaya bicara Hoffman di film Capote, namun karakter Gosling ini terus memudar dengan seiring berjalannya film. Sean Penn, sang Mickey Cohen, hanya cukup menyajikan karakter ketua gangster yang sangat tipikal dan sering kita jumpai.  Sangat disayangkan, sebuah cast yang sebenarnya sudah dipilih dengan benar namun kurang dapat dimaksimalkan dengan baik.

Trivia

Sean Penn dan Josh Brolin pernah berlawanan dalam film Milk. Emma Stone dan Ryan Gosling pernah menjadi pasangan kekasih dalam film Crazy Stupid Love.

Quote

John O’Mara : Every  man carry a badge and this is my badge.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s