Les Miserables (2012) : Story about Hope, Fight, Love and Dream

Sutradara : Tom Hooper

Penulis : Claude-Michel Schönberg, Victor Hugo, Alain Boublil, William Nicholson

Pemain : Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Sacha Baron Cohen, Helena Bonham Carter, Samantha Barks, Eddie Redmayne

“Full of emotions of some actors and actresses and at last one third of movie, I have to confess, it is frustrating and plain.”

About

Les Miserables, sebuah projek ambisius dari sutradara peraih Oscar untuk The King’s Speech dan berdasarkan novel Victor Hugo dengan judul yang sama. Film yang baru saja meraih delapan nominasi Oscars, termasuk Best Picture, Best Actor in Leading Role, dan Best Actress in Supporting Role.

Film yang telah menempuh perjalanan panjang sebelum menjadi sebuah film ini bercerita tentang seorang tawanan yang dipenjara hanya karena mencuri roti, Jean Valjean (Hugh Jackman), yang mendapatkan kesempatan untuk bebas walaupun harus merahasiakan identitas dan masa lalunya sementara musuh bebuyutannya, seorang polisi, Javert (Russel Crowe) yang terus memburunya. Beberapa tahun kemudian, Valjean telah menjadi walikota terpandang yang tanpa tahu dan tanpa sengaja memecat Fantine (Anne Hathaway), seorang Ibu dengan satu orang anak, Cossette yang ia titipkan pada pasangan Thenardier (Helena Bonham Carter dan Sacha Baron Cohen) yang secara terus menerus mengeksploitasi keberadaan Cosette. Tanpa pekerjaan dan dibelit oleh hutang, Fantine pun menjual segalanya, rambut, gigi, hingga menjadi pelacur. Ketika terjadi accident dengan tamunya, Fantine nyaris ditangkap Javert namun diselamatkan oleh Valjean. Secara hampir bersamaan, suatu kejadian memaksa Valjean untuk membuka identitas aslinya, yang berarti ia harus berhadapan kembali dengan Javert. Sebuah janji untuk merawat Cosette, Valjean berhasil membawa pergi dari pasangan Thenardier hingga ia dewasa. Cosette dewasa (Amanda Seyfried) mulai jatuh cinta dengan Marius (Eddie Redmayne), tanpa mereka ketahui Eponine (Samantha Barks) juga diam-diam menyukai Marius. Di tengah revolusi, mereka harus memperjuangkan mimpi, harapan, cinta, termasuk Valjean yang masih harus berhadapan dengan Javert.

Panjang memang ceritanya, novel aslinya bahkan terdiri dari 5 volume yang menyangkutkan semua karakter. Ditambah, film menjadi menarik karena hampir seluruhnya disampaikan secara musical.

Hathaway, Barks, Jackman, Redmayne are the best in the movie.

Mereka menyanyi. Yah, itulah yang menarik, bahkan mereka menyanyi secara live. WOW ! Beberapa dari mereka memang melakukan pekerjaan mereka terutama saat Hathaway menyanyi I Dreamed A Dream, Jackman di awal-awal scene film, Barks dengan On My Own-nya, dan Redmayne dengan Empty Chairs at Empty Tables-nya merupakan beberapa scene yang sangat memorable di sepanjang film. Mereka tidak hanya menyanyi namun juga memeberikan emosi di nyanyian mereka, membuat penonton merasakan hal yang sama. Sementara pasangan yang juga pernah bermain dalam musical Tim Burton, Sweeney Todd, Bonham Carter dan Cohen berhasil menjadi duo penyegar suasana di dalam film. Crowe yang tampil hampir di sepanjang film, selayaknya Jackman, tampil meyakinkan walaupun tidak special. Jalan cerita cinta antara Barks dan Redmayne jauh lebih enjoyable dan berkesan dibandingkan cerita cintanya antara Redmayne dan Seyfried. Ketika Redmayne dan Barks berbagi scene sepertinya lebih masuk saja dibandingkan dengan berbagi scenenya dengan Seyfried yang sangat mediocre. Intinya, totalitas mereka dalam berakting, bernyanyi sampai transformasi fisik dari beberapa pemain yang tidak hanya sekedar make up memang patut diacungi jempol.

Sembilan puluh lima persen disampaikan dengan nyanyian, film ini sepertinya mulai terlihat lelah pada menit scene-scene revolusi yang dilakukan oleh Marius. Semuannya serba pelan, semuannya sepertinya sudah mulai penat dengan semua dialog dan monolog yang menyanyi lagi dan menyanyi lagi, dengan intensitas emosi untuk penonton yang mulai berkurang jika dibandingkan dengan awal film, bagian sepertiga film ini mulai hambar dan film terlihat bingung dan bertele-tele untuk melakukan adegan ending. Sama sekali tidak sepadan dengan bagian Fantine yang lebih terkesan terburu-buru dan terlalu cepat. Dengan kata lain, film ini sangat menghibur, terutama yang menyukai broadway atau semacamnya, hanya saja akan datang poin tertentu yang merupakan titik frustasi dan jenuh dari penonton berharap film ini segera untuk diakhiri.

Trivia

Taylor Swift dikabarkan akan memerankan Eponine, anak dari pasangan Thenardier yang merupakan teman masa kecil Cosette yang juga mengagumi Marius secara diam-diam, sebelum Samantha Barks mendapatkan perannya.

Quote

Fantine :  I had a dream my life would be so different from this hell I’m living!

17 comments

  1. Aduh si Hooper..main close-up nya..terlalu…
    kata Tina Fey..like make a porn, LOL

    ane susah nge-rate nya nih, secara full singing, it’s not my cup of tea😛
    but Anne ga terbendung lagi dah di Oscar

    1. hahaha,
      keren kok, mereka total banget apagi nyanyinya kabarnya live, walaupun sepertiga filmnya kayaknya film dah mulai capek, secara yaaa nyanyi mulu itu… hahahaha

      Hathaway layak dapet Oscar….

      1. iya singing trough…bukan record baru dikasih musik…
        entahlah, not my cup of tea…^^ kaya asing aja kalo nyanyi terus…
        Samantha Barks mirip Lea michelle euy suaranya

  2. Belom nonton dan ga sempet nonton di bioskop karna waktu itu pas harus ke malaysia.. di malaysia pas udah turun layar ni film ~__~ terpaksa nonton bajakannya deh hehehe~

    Anne menang Oscar tuh! Berarti film ini emang bagus ya.. Hmm, mesti buru2 nonton nih..

    1. Bagus banget walopun emang sepertiga terakhir (terutama pas revolusi) agak kebanyakan nyanyinya mulai kerasa…

      best moment ya pas Fantine masih hidup, pas dia mati, semuannya berubah, tapi masih layak ditonton…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s