Silver Linings Playbook (2012) : Two Dark Clouds are Meeting and Find A Hope

Sutradara : David O. Russell

Penulis : David O. Russell, Matthew Quick

Pemain : Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Robert De Niro, Jacki Weaver

“They are crazy and they are good.”

About

Lost in My Mind adalah lagu dari band The Head and The Heart yang mengiringi trailer dari film garapan David O Russel yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Lost in My Mind pula yang menjadi cerita dasar dari film ini, Silver Linings Playbook bercerita tentang Pat (Bradley Cooper) yang baru saja meninggalkan mental institution dan tinggal bersama kedua orang tuanya, keluarga Solitano (Robert De Niro dan Jacki Weaver). Dengan kejiwaan yang belum pulih dan sembuh sepenuhnya, Pat masih berharap untuk kembali dengan istrinya, Nikki, walaupun ia telah dikhianati oleh istrinya di depan matanya sendiri. Ketika ada aturan bahwa Pat tidak bisa menemui Nikki, Pat pun memanfaatkan Tiffany (Jennifer Lawrence), seorang janda keranjingan sex yang baru saja ditinggal mati suaminya, untuk mengantarkan suratnya  kepada Nikki. Tiffany pun meminta imbalan kepada Pat untuk menjadi partner dansanya untuk berpartisipasi dalam suatu kontes dansa yang akan diadakan di akhir tahun. Apakah mereka berdua akan menemukan silver linings bagi kehidupan mereka yang telah nyaris hancur ?

Film ini memang tidak menyabet nominasi Oscars sebanyak Lincoln atau Life of Pi, namun film ini berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi salah satu film yang berhasil meraih nominasi untuk semua kategori acting di Oscars. Semenjak film ini memenangkan People’s Choice Award di festival film Toronto, film ini menjadi salah satu film yang paling dinantikan di tahun 2012. Apalagi Jennifer Lawrence sempat menjadi frontrunner Oscars untuk kategori Best Actress in Leading Role.

They are so much good when they are crazy

Siapa yang tidak skeptic ketika mendengarkan nama Bradley Cooper ? Namun tidak dengan film ini, Bradley Cooper bisa bermain total sebagai seseorang yang mudah emosi dengan mood yang sama sekali tidak stabil, ditambah lagi dengan cara bicaranya yang ceplas-ceplos dan tidak bisa mengendalikan kejujurannya. Tantangan tersendiri bagi Jennifer Lawrence, aktris yang sedang melambung tinggi karena perannya sebagai Katniss di The Hunger Games, mampu memberikan pendalaman karakter yang sanga intens. Setiap scene dengan kemunculannya selalu dinantikan di sepanjang film yang berdurasi dua jam ini. Karakter Tifanny menjadi begitu menarik ketika ia yang memerankannya, sementara terdapat potensi yang sangat besar untuk seorang aktris terjebak dalam penampilan yang biasa saja untuk karakter seperti Tifanny ini. Sementara itu, duo Robert De Niro dan Jacki Weaver lebih dari cukup mengimbangi chemistry dari Cooper dan Lawrence yang memang menjadi magnet utama dari film ini.

Beberapa moment gila dengan pilihan soundtrack yang tepat pun berhasil diciptakan dalam film ini, seperti moment saat Pat mencari wedding videonya, atau saat Tifanny dan Pat melakukan makan malam bersama, bahkan scene puncak berupa kontes dansa pun berhasil menjadi scene yang sangat berpassion, lucu, dan sangat menghibur penonton.

Film ini berhasil membuat penonton tidak peduli dengan sisi klise cerita di akhir film, karena plot cerita juga menyajikan hal segar dengan cara mengombinasikan dance competition, football game dengan romance.

Trivia

Lawrence dan Cooper akan kembali berkolaborasi di 2013 di film Serena.

Quote

Pat : What the fuck are doing ? Your husband’s dead.

Tiffany : Where is your wife ?

Pat : You’re crazy.

Tiffany : I’m not the one that just got out of that hospital in Baltimore.

Pat : I’m not the big slut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s