Closer (2004) : Two Couples, One Affair about A New Perspective of Relationship

Director : Mike Nichols

Screenwriter : Patrick Marber

Cast : Julia Roberts, Jude Law, Clive Owen,  Natalie Portman

Tagline : If you believe in love at first sight, you never stop looking.

“Look closer and you will be surprised.”

About

Alice, diperankan Natalie Portman bertemu dengan Dan, diperankan Jude Law, kemudian menjalani hubungan percintaan. Dengan bantuan yang tidak disengaja oleh Dan, Anna, diperankan Julia Roberts bertemu dengan Larry, diperankan Clive Owen juga menjalin percintaan. Masalah datang ketika Dan dan Anna memutuskan untuk meninggalkan pasangan mereka masing-masing untuk menjalin sebuah hubungan baru. Konflik pun dimulai, kejutan pun bermunculan tentang naik-turunnya hubungan mereka berempat.

It’s different level of romantic drama

Sebuah grafik tentang sebuah hubungan percintaan berhasil digambarkan dalam film ini. Dengan durasi yang relatif singkat, film ini mampu memberikan perjalanan hubungan dari tahap bertemu, tahap konflik hingga tahap akhir dengan baik. Rentetan scene-nya pun meloncat dengan periode waktu yang relatif lama dan hanya melibatkan dua karakter (diantara 4 pilar aktornya) untuk berinteraksi dengan dialog-dialog pintar dan mempunyai makna di setiap line-nya. Hasilnya, luar biasa. Tentu saja, tanpa didukung dengn chemistry masing-masing karakter, film ini benar-benar akan menjadi bloody mess. Dialognya panjaaaaaang, namun dengan penjiwaan dan totalitas pemainnya (terutama Natalie Portman), semuanya sangat menjadi easy-watching untuk penontonnya.

Sebuah perjalanan hubungan yang benar-benar penuh kejutan dari pengembangan cerita lewat karakter yang mengambil keputusan yang mengejutkan. Karakter Alice benar-benar mencuri di setiap kehadirannya, seorang gadis misterius dengan kepandaian bicaranya dan keseksian dari sisi erotis seorang stripper (kapan lagi melihat Natalie Portman sebagai seorang stripper ?) sedangkan karakter Larry benar-benar menjadi Dr. Pervert penuh charm di film ini.  Kehadiran Julia Roberts dan Jude Law yang seharusnya menjadi leading role tetap bersinar, namun sepertinya keduannya tertutup oleh kedua pendamping supproting actor dan actressnya. Walaupun terkesan mengambil cerita yang simple, namun ceritanya sesungguhnya benar-benar memerlukan waktu untuk mencerna dan sedikit thought provoking. Mengapa dia melakukan ini ? Mengapa jadi begini ? dan mengapa film ini bisa dikatakan sebagai cerita tragedi ? Film inilah yang akan membuat penonton ingin melihat lebih dekat, lebih dekat lagi tentang sebuah hubungan, kemudian terkejut. Just look closer !

Trivia

Nama Alice Ayres (karakter yang dimainkan oleh Natalie Portman) diambil dari nama seorang perwat yang meninggal karena menyelamatkan anak-anak yang terjebak di sebuah kebakaran.

Quote

Alice : It’s a lie. It’s bunch of sad strangers photographed beautifully and all glittering assholes who appreciate art say it’s beautiful because that’s what they want to see but people in the photos are sad and alone but the pictures makes the world seem beautiful so the exhibition’s reassuring, which makes it a lie and everyone loves big, fat lie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s