Say Anything … (1989) : Long Distance Relationship Wanna Be and Parent Distraction

Director : Cameron Crowe

Writer : Cameron Crowe

Cast : John CusackIone SkyeJohn Mahoney

About

John Cusack memang bukanlah aktor yang mendapatkan langganan nominasi Oscar, pernah dinominasikan saja belum. Karirnya juga sedang berada dalam penurunan, terjebak dengan projek-projek yang hanya berlalu begitu saja. Lihat saja penampilannya di The Raven atau Paperboy, atau The Factory yang lewat begitu saja. Namun, pada zamannya, John Cusack pernah menjadi idola remaja dengan scene ikoniknya mengangkat sebuah boombox besar untuk meraih perhatian kekasihnya. Di film inilah, ia melakukan scene yang terus diingat bahkan sampai sekarang.

Say Anything… menyajikan sebuah drama remaja dengan cerita paling familiar mungkin yang pernah kita kenal. Lloyd Dobler (John Cusack) hanyalah pemuda yang bisa dikatakan tanpa prestasi yang jatuh cinta pada gadis pintar nomer satu di SMA nya, Diane Court (Ione Skye). Keduannya semakin dekat dan menjalin hubungan percintaan di sisa-sisa waktu Diane akan berangkat ke Inggris untuk melanjutkan studinya. Diane yang sejak kecil tinggal bersama ayahnya (John Mahoney), mulai merasa bersalah ketika ia harus mengorbankan waktu-waktu bersama dengan ayahnya sementara ia menemui Lloyd. Hubungan percintaan mereka yang dikejar oleh waktu semakin diwarnai masalah ketika ayah Diane dituduh melakukan tindakan penggelapan uang di institusi tempatnya ia bekerja.

Film ini disutradarai oleh sutradara yang nantinya akan terkenal dengan Jerry Maguire dan Almost Famousnya, Cameron Crowe. Inilah debut pertamanya sebagai sutradara.

“ A romance with no saccharine, effortlessly sweet, and natural.”

Film ini tidak akan menyajikan hal yang berlebihan dengan cerita yang begitu menyentuh namun terkesan sangat artificial dan superficial. Semuannya serba biasa saja. Mulai dari karakter, masalah yang menjadi konflik cerita, sampai solusi yang disampaikan di akhir cerita. Semuanya terkesan simple dan mudah, namun itulah yang menjadi kunci mengapa film ini sangat menyenangkan.

Karakter remaja yang menjadi hal utama dalam film ini tidak berusaha menjadi tua dalam merespon urusan cinta, semuannya mengalir kemudian diekspresikan dan direspon dengan baik oleh akting kedua leading role yang sangat cocok dan pas. Kedua karakter ini menjalin hubungan yang berkembang seiring film berjalan dan membentuk chemistry yang lambat namun jelas terbentuk. Konflik yang disajikan juga tidak begitu berat, seperti topik leukimia atau sebagainya, hanya sebuah kisah percintaan yang harus membagi waktu antara keluarga atau pacar. Jika ingin melihat sebuah drama remaja yang subtle, menghibur, namun memberikan banyak pesan, mungkin inilah film yang cocok. Say Anything… bukan hanya melibatkan hubungan cinta antara laki-laki dan perempuan, namun juga memberikan sisi pembelajaran tentang arti sebuah keluarga.

Tentu saja film ini akan memenuhi standar penonton yang suka cerita yang natural dan tidak berlebihan. Untuk yang lebih suka drama-tisasi, mungkin menganggap film ini hanya sebatas seperti film kebanyakan yang tidak akan meninggalkan kesan seperti film kebanyakan. So, don’t watch it if you like drama – drama – and drama.

Trivia

Sebelum diambil oleh John Cusack, peran Lloyd Dobler ditolak oleh Robert Downey Jr.

Quote

Lloyd Dobler : She’s gone. She gave me a pen. I gave her my heart, she gave me a pen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s