Whip It (2009) : Roller Derby Collaboration of Juno Typed Girl and E.T. Girl’s Directorial Debut

Director : Drew Barrymore

Writer : Shauna Cross

Cast : Ellen Page, Kristen Wiig, Marcia Gay Harden, Drew Barrymore.

About

Projek film dari seorang bintang film yang kita kenal dengan gadis kecil di E.T., juga berperan sebagai Alex di Charlie Angel, dan gadis yang kehilangan memori jangka pendeknya di 50 First Dates, yup, dia adalah Drew Barrymore. Spesialnya lagi dia tidak hanya menjadi pemeran pendukung disini, namun juga sutradara. Bayangkan ! Drew Barrymore sebagai sutradara ketika kebanyakan kualitas aktingnya hampir se-formulaic dengan kualitas akting Jennifer Aniston. Yup, everybody has doubt about this.

Film bergenre sport yang malah kebanyakan diperankan oleh para perempuan ini bercerita tentang Bliss Cavendar (Ellen Page), gadis berusia 17 tahun yang sedikit sedang mencari jati dirinya di sebuah kota kecil yang bergabung dalam sebuah kelompok roller derby, yang ternyata membuat hidupnya mempunyai arah. Simple story kemudian dibumbui dengan masalah dan kerumitan ala remaja, seperti tekanan ibunya (Marcia Gay Haden) yang menginginkannya menjadi feminim padahal ia tomboy, kehidupan percintaannya, kehidupan dengan sahabat dekatnya, dan tetek bengek dengan anggota roller derby yang lain (Kristen Wiig, Drew Barrymore, Juliette Lewis, Eve, etc.). Di tengah kekonyolan pelatih mereka, Razor (Andrew Wilson), kehadiran Bliss membuat tim roller derby ini mulai merangkak naik dari predikat “We’re Number Two of Two” team.

Film yang dipremierekan di Festival Film Internasional Toronto di tahun 2009 yang juga diangkat dari sebuah novel Derby Girl karya Shauna Cross ini, kurang mendapatkan respon komersial yang baik di pasar walaupun jika dilihat dari budgetnya, film ini juga tidak merugi.

Bagaimanakah directorial debut sang mantan poison ivy ini, this is it the review !

“I gotta say, it’s a surprise, Drew Barrymore is underestimated but she can prove herself by making a pretty decent movie.”

Full of energy, begitulah memang film bergenre sport harus dieksekusi. Film ini mengalirkan sebuah energi positif lewat sebuah pertandingan roller derby yang seru dan menarik. Juga, film ini mempertunjukkan beberapa aksi Ellen Page dan kawan-kawan bermain sepatu roda yang membuat kita semakin yakin bahwa memang artis-artis benar-benar lihai memainkannya.

Ellen Page sebagai seorang leading role, tentu tidak akan kesulitan memerankan karakter seperti ini, tomboy, remaja, mempunyai orang tua yang keren, mempunyai sahabat baik yang juga keren, sedikit banyak mengingatkan kita dengan peran yang membuatnya mulai dilirik dalam film besutan Jason Reitman, Juno. Dengan kapasitas mereka yang kebanyakan memerankan tokoh komedi, Kristeen Wiig dan tim juga cukup emmbuat film ini semarak dan lucu. Satu penampilan yang menarik perhatian datang dari Marcia Gay Haden sebagai seorang ibu yang menginginkan terbaik untuk anaknya.

Memang sangat formulaic, namun dengan sedikit “totalitas” mereka dalam ber-roller derby, film ini lebih enak untuk ditonton, dan humor dan storyline yang tidak depressing membuat film ini “yes formulaic” but also “pleasing and entertaining”.

Scene-scene roller derby  membuat film ini full energy dan satu lagi scene romantis yang akhirnya muncul dan meng-grab perhatian adalah scene di sebuah kolam renang yang memperlihatkan karakter Bliss dan pacarnya yang super romantis. It’s rare.

It is well made for a Barrymore’s directorial career debut.

Trivia

Ellen Page drop outdari projek horor Sam Raimi, Drag Me to Hell untuk mengerjakan film ini.

Quote

Bliss Father : I can take losing the money. I cannot take loosing the chance for our kid to be happy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s