Bridget Jones’s Diary (2001) : Thirty’s-Life Crisis in Pride and Prejudice Re-Interpretation

Director : Sharon Maguire

Writer :  Helen Fielding, Richard Curtis

Cast :  Renée ZellwegerColin FirthHugh Grant

Novel karya Jane Austen berjudulkan “Pride and Prejudice” memang sangat powerful. Novel ini terus saja diangkat dan dibahas, tidak ketinggalan di industri film. Novel ini diangkat dalam sebuah mini-series dengan judul yang sama. Adaptasi yang paling terkenal dari novel ini mungkin adalah adaptasi dari Joe Wright dan Keira Knightley, masih dengan judul yang sama. Belum lagi, masih adanya rumor akan dibuatnya film yang akan mengangkat novel dari parodi novel super ini, yakni Pride and Prejudice and Zombies.  Jika pernah membaca novel ini, pasti akan sangat lekat dengan karakter Mr. Darcy, sebuah karakter potensial dengan karisma dan mengandung misteri sampai di akhir novel cerita terungkap. Bridget Jones’s Diary adalah salah satu film yang meng-reinterpretasikan kembali novel Jane Austen ini ke dalam konteks kehidupan modern dengan cara yang lebih fun.

About

Bridget Jones (Renee Zellweger), single, loser in her job, umur menginjak 30an untuk entah ke berapa kalinya mencoba dijodohkan dengan ibunya dengan Mark Darcy (Colin Firth). Pada pertemuan itu, keduannya malah kurang akrab dan sama sekali tidak meninggalkan kesan. Bridget Jones yang frustasi akan kehidupannya akhirnya memutuskan untuk melakukan perbaikan kepada dirinya sendiri dalam kurun waktu setahun sambil dia menulis diary tentang hal tersebut. Kehidupan Bridget mulai mendapat pencerahan ketika ia terlibat suatu hubungan tanpa status dengan bosnya sendiri, Daniel (Hugh Grant). Cerita terus berlanjut, hingga akhirnya Bridget mengetahui bahwa antara Mark Darcy dan Daniel punya sejarah persahabatan yang kelam. Bridget pun terlibat dalam dua kubu yang saling secara misterius menyerang. Mark Darcy dengan kesombongan dan keangkuhannya dan sisi Daniel dengan segala pesona yang Bridget dambakan. Namun, sosok sebenarnya dari Mark Darcy dan Daniel bukanlah apa yang ada dalam Bridget. Disinilah intrik “pride dan prejudice” mulai mewarnai cerita.

“For the predictable story (if you have read the novel), the chubby Zellweger is funny enough to make you stay in front of your screen, and her English accent, it’s pretty convincing actually.”

Jika pernah membaca novel dari Jane Austen pastinya tidak akan lagi mencoba menebak jalan ceritanya. Tidak hanya me-reinterpretasikan, bahkan karakter Mr. Darcy pun tidak diubah namanya menjadi Mark Darcy saja. Belum lagi, casting colin Firth yang begitu cocok memerankan Mark Darcy ini juga tidak lain tidak bukan adalah pemeran Mr. Darcy di versi mini seriesnya.

Terus apa yang harus ditonton ?

Film ini berhasil memberikan banyak momen-momen lucu dengan voice over (V.O.) dari karakter Bridget yang benar-benar modern, catchy dan membuat script ini semakin kuat, walaupun agak sedikit bermasalah dengan pacing plus dengan substory (tentang masalah orang tua Bridget, cenderung mengganggu). Karakter lovable pun secara mengejutkan mampu dihadirkan oleh Renee Zellweger melalui comical-comical face yang natural dengan penambahan beberapa pon berat badan yang membuatnya semakin lucu untuk dilihat dengan aksen British yang sangat meyakinkan. Colin Firth mempunyai karisma untuk memerankan Mark Darcy sedangkan Hugh Grant mempunyai sisi “flamboyan” dengan wanita. What a romantic comedy with a solid cast.

Trivia

Film ini mengawali 3 kali nominasi berturut-turut Oscar untuk Renee Zellweger, di film ini ia dikalahkan Halle Berry untuk Monster’s Ball. Tahun berikutnya, Zellweger dinominasikan kembali untuk Chicago, namun dikalahkan oleh Nicole Kidman untuk The Hours. Baru setahun kemudian, Zellweger menyabet Oscars untuk perannya di Cold Mountain.

Quote

Bridget : Resolution number one: obviously, will lose twenty pounds. Number two: will find nice sensible boyfriend and not continue to form romantic attachments to alcoholics, workaholics, peeping-toms, megalomaniacs, emotional fuckwits or perverts.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s