I Love You Phillip Morris (2009) : Mr. Liar Liar Does It All for His Gay Partner

Director : Glenn FicarraJohn Requa

Writers : Glenn FicarraJohn Requa, Steve McVicker

Cast : Jim CarreyEwan McGregorLeslie Mann

About

Film bertemakan agak sensitif seperti membahas tentang gay memang terbatas objek penontonnya, but I have to say, when you watch Transformer, doesn’t mean you’re a Megatron, and when you watch a movie about gay (not a gay movie) doesn’t mean you’re a fagg*t. Salah satunya adalah film ini, I Love You Phillip Morris bercerita tentang kisah hidup seorang Steven Russel yang mencoba membobol membebaskan diri dari penjara untuk menemui gay partner-nya, Phillip Morris. Semenjak masih kecil Steven (Jim Carrey) telah ditinggalkan ibunya sendiri dan diadopsi oleh keluarga lain. Ketika ia dewasa, ‘bahagia’ bersama istri (Leslie Mann) dan anaknya, dia mengambil sebuah keputusan besar yang mengubah hidupnya. Ia mengaku bahwa selama ini ia telah membohongi dirinya sendiri dan juga orang lain, dan memutuskan untuk men-declare-kan dirinya bahwa ia seratus persen seorang gay. Ketika ia menjalani kehidupan gay yang tidak mudah dan mewah, ia terpaksa menjalani fraud sana-sini hingga ia dijebloskan ke dalam penjara dan menjalin sebuah hubungan special dengan Phillip Morris (Ewan McGregor). Saat itulah, Steven akan melakukan apa saja demi bisa membahagiakan Phillip Moris, his love of his life.

“I Love You, Phillip Morris, is the most memorable movie about gay after Brokeback Mountain. Full of very surprising plot, and Jim Carrey is the game.”

I Love You, Phillip Morris mengambil sebuah tema yang membuat orang ‘normal’ menjadi tidak nyaman. Namun, justru semua itu berbalik menjadi senjata-senjata ampuh yang membuat film ini menjadi bahan ketawa yang sangat mujarab. Bagaimana tidak, scene-scene yang seharusnya menjadi romantis malah berubah menjadi sangat lucu ketika Jim Carrey dan Ewan McGregor yang menjalaninya. That’s unusual but so funny. Jadi, jika menghindari film ini hanya karena bertemakan “gay”, what a loss !!

Film ini mudah diikuti sedari awal karena mengambil narasi yang menghibur dengan plot yang cepat dan terkadang tidak mudah ditebak. Jika berbicara tentang comedy dan comical face, maka semua orang juga akan angkat tangan dengan kapabilitas Jim Carrey. Namun, pada film ini Jim Carrey mampu menggabungkan antara sisi komedi dengan sisi dramatis dengan amat pas. Dia berubah menjadi gay, kemudian berubah kembali layaknya seperti perannya sebagai pengacara di Liar Liar, bahkan tampil dengan meyakinkan sebagai penderita AIDS. Di sisi lain, Ewan McGregor menanggapi respon Jim Carrey dengan chemistry yang pas dan bisa tampil polos, naif dan sangat ‘sweetheart’.

Storyline-nya merupakan gabungan dari sisi drama yang sebenarnya dengan sangat serius dan sisi komedi yang dilengkapi dengan jokes segar di sepanjang film. Ibaratnya film ini dapat dikatakan sebagai versi komedi dari Brokeback Mountain namun tetap dikemas dengan fun dan full twists. You’re gonna be surprised and if you cry, you’re gonna regret those tears, Terlebih lagi, film ini ternyata merupakan sebuah kisah nyata (entah bagian percintaannya nyata atau tidak) yang membuat penonton berdecak kagum, hmmm, seriously, he can escape again ? He’s fucking genious.

Trivia

The real Steven Russel baru akan dibebaskan pada 12 Juli 2140. What a life !

Quote

Steven : … being gay is really expensive.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s