The Odd Life of Timothy Green (2012) : Miracle Happens for The Couple Who Can’t Bear A Child

Director : Peter Hedges

Writer : Peter Hedges, Ahmet Zappa

Cast : Jennifer GarnerJoel EdgertonCJ Adams

About

Adakah yang pernah mendengar kisah timun mas ? Sebuah kisah lokal yang bercerita tentang pasangan petani yang mendambakan seorang anak dan akhirnya mendapatkan seorang anak dari dalam timun raksasa dari kebun mereka. Kurang lebih seperti itulah yang akan diceritakan dalam The Odd Life of Timothy Green. Pasangan Cindy (Jennifer Garner) dan Jim (Joel Edgerton) sedang bermurung dan bersedih ketika dokter mengatakan bahwa mereka tidak akan mempunyai anak yang telah lama mereka idamkan. Di tengah kesusahan mereka, mereka menghibur diri mereka sendiri dengan menuliskan deskripsi-deskripsi jika memang mereka benar-benar mempunyai anak. Mulai dari artistik, mempunyai sense of humour, dicintai dan mencintai dan sebagainya, itu semua tertulis dalam kertas-kertas kecil dan kemudian dikubur di kebun mereka. Miracle happens ! Entah keajaiban dari antah berantah, di malam yang sama, seorang anak bernama Timothy (CJ Adams ) keluar dari lubang tempat mereka mengubur kertas-kertas kecil itu. Mereka pun meng’adopsi’ Timothy dan memeperlakukan seperti anak sendiri. Namun, ternyata Timothy mempunyai misi untuk mengubah hidup mereka dan mempunyai rahasia yang tidak mau ia ceritakan.

“The Odd Life of Timothy Green has pleasant cast, though it doesn’t help the story to be too odd and strange, less magical (not exactly it is supposed to be).”

Kesalahan yang pertama dari film ini sebenarnya adalah mungkin kesalahan setting waktu untuk sebuah cerita yang berbau “miracle”. Keajaiban disini sepertinya kurang bisa bersinergi dengan hal-hal modern seperti mobil, kemudian handphone, dan lain-lain. Jika film ini bersetting lebih ke zaman-zaman 1980an (paling tidak) mungkin cerita tidak akan terkesan aneh dan ganjil. Storyline yang begitu “naive” dan polos sepertinya kurang menyatu dengan kondisi setting-an yang serba modern walaupun untuk sebuah genre “family” tentu saja film ini sudah memenuhi kriteria dan memberikan banyak message yang bagus. Kesalahan atau mis-setting inilah yang membuat film ini menjadi kurang magic ditambah dengan cerita yang tanpa didasari atau dilatarbelakangi oleh suatu legenda atau fairytale di belakangnya membuat penonton merasa “Who’s Timothy Green, really ?”, apakah dia hanyalah seorang anak yang datang dari antah berantah ???

Thanks to Jennifer Garner, Joel Edgerton dan CJ Adams (walaupun sepertinya juga sedikit miscast, bukan dari segi karakter, namun sepertinya anak ini terlalu besar) yang membuat film ini menjadi enjoyable dan menyenangkan. Garner dan Edgerton mempunyai chemistry kuat satu sama lain, walaupun kurang dapat menyajikan sebuah drama yang klimax di akhir film, kurangnya adanya bond yang melibatkan perasaan antara hubungan orang tua dan anaknya ini. Karakter Timothy yang harusnya juga menjadi karakter kunci dan powerful di film ini mengalami underdeveloped dengan menjadikan karakternya innocent, face like angel namun kurang memberikan “bekas” kepada penonton. Terima kasih juga dengan cara penceritaan yang flashback sehingga penonton tetap terjaga dan penasaran bertanya “apakah yang sedang terjadi ?” sampai akhir film walaupun masih predictable

Untuk film yang membawa Disney dengan rating PG tentu film ini membawa banyak mesaage positif yang dapat dinikmati kalangan anak-anak dan orang tua seperti you must belive in your son, you must believe in miracle, stay in bright side, and all craps like that. Dengan segala kekurangannya, film ini masih menjadi sebuah film manis dan hangat dengan sajian visual yang cantik dengan beberapa scene yang menghadirkan indahnya musim gugur.

Trivia

Sandra Bullock menolak peran Cindy, yang kemudian diperankan oleh Jennifer Garner.

Quote

Jim Green : He’ll score the winning goal.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s