La Vie en Rose (2007) : Bitterness, Love and Sorrow of Life Story Singer Edith Piaf

Director : Olivier Dahan

Writer : Isabelle SobelmanOlivier Dahan

Cast : Marion Cotillard, Emmanuelle Seigner, Jean-Pierre Martins

About

La Vie en Rose atau juga disebut dengan La Mome adalah film berbahasa Perancis yang menceritakan kehidupan penyanyi Edith Piaf, mulai dari masa kecilnya hingga ia menutup usia. Film yang dibintangi oleh Marion Cotillard ini menjadi milestone terpenting dalam perjalanan karir seorang aktris yang pernah menyabet piala Oscar tersebut.

Film ini diceritakan secara non linear meloncat-loncat ke titik kehidupan seorang Edith Piaf, mulai dari ia masih kecil, kemudian berumur sepuluh tahun, kemudian saat ia rema menjadi street singer, ketika ia mulai berjaya hingga ia menjelang tua.

Image

source : http://www.imdb.com / Edith Piaf

Edith Piaf ditinggalkan ayah ibunya kemudian dirawat oleh neneknya sendiri di sebuah rumah bordil dan akhirnya dekat dengan salah satu pelacur bernama Titine (Emmanuelle Seigner). Ketika ayahnya memutuskan untuk membawanya pergi, ia harus mulai berjuang di kehidupan keras sirkus dan memulai pekerjaannya sebagai street singer. Keberuntungannya mulai terlihat, ketika orang-orang melihat bakatnya sebagai seorang penyanyi walaupun perjalanan menjadi seorang bintang tidaklah mudah. Film ini menceritakan getir pahitnya kehidupan seorang Edith Piaf yang harus berkali-kalikehilangan orang-orang yang ia sayangi, termasuk kekasihnya, Marcell (Jean Pierre Martin), seorang jawara tinju,  yang membuatnya menjadi kecanduan terhadap alkohol dan morfin. Di tengah badannya yang mulai lemah dan kejayaannya sebagai seorang penyanyi, Edith Piaf harus berjuang melawan hal yang selalu ia takuti yakni, kesepian (loneliness).

“Not only the make up, or the gesture, or how she speaks, but Marion Cotillard gives strong performance which shows deep understandings of Edith Piaf, one of them is her truly bitterness.”

Memang sebuah biopic harus mempunyai sebuah cerita yang layak untuk diangkat, dan cerita seorang Edith Piaf memang demikian. Tidak heran, cerita penyanyi fenomenal ini memang diangkat menjadi beberapa film, salah satunya adalah ini. Dengan kekuatan cerita yang sangat pahit, terkadang film ini terkesan sangat dark dan depresif untuk setiap orang yang melihatnya. Ditambah dengan karakter seorang Piaf yang sebenarnya kurang mengundang simpati membuat film ini terkesan tidak membawa keceriaan bagi penonton. Tetapi itulah tujuan film ini. When this movie can make audience feel the bitterness of Piaf’s life so it works.

Thanks to Marion Cotillard, tidak salah memang mendapuknya sebagai seorang Piaf. Tidak hanya make up, atau dari segi gesture, atau dari segi cara bicaranya, Marion Cotillard tidak memberikan kita sekedar akting yang menirukan sebagai seorang karakter, namun ia benar-benar seperti menjadi sebuah karakter dari seorang Piaf. Jika kita bandingkan penampilan Cotilard, katakan saja dengan Meryl Streep di Iron Lady, atau mungkin Phillip Seymour Hoffman sebagai Capote, maka penampilan Cotillard ini seperti satu level lebih dalam memerankan sebuah karakter.

Penampilan Cotillard juga dibantu dengan kualitas tim make up yang sangat meyakinkan. Tim make up benar-benar total dalam mendandani Cotillard dengan rentang usia yang terbilang sangat luas yaitu mulai dari ia remaja sampai tua (walaupun dengan umur sekitar 40an). Tentu saja, penampilan Piaf yang sangat impresif adalah ketika badannya mulai digerogoti oleh obat-obatan dan tua pada usia dini.

Film ini juga (tentu saja) diselingi dengan lagu-lagu Edith Piaf yang sangat cocok menceritakan sebuah kepahitan, kehilangan dan juga cinta. Wow ! Believe it or not, I like the songs, making me want to learn French.

Trivia

Sutradara Olivier Dahan menulis skenario film ini dengan benar-benar memikirkan Marion Cotillard sebagai Edith Piaf di pikirannya.

Quote

Journalist : Are you afraid of death ?

Edith Piaf : I am more afraid of loneliness.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s