The Lake House (2006) : You’ve Got Mail From Future Via Ridiculous Mailbox

Director : Alejandro Agresti

Writer : David AuburnEun-Jeong Kim

Cast : Keanu ReevesSandra BullockChristopher Plummer

About

The Lake House adalah film drama romantis fantasi yang merupakan hasil film Korea di tahun 2000.II Mare. Salah satu alasan dibuatnya remake, mungkin karena film ini mempunyai premis fim yang unik dan menarik. Selain itu, film ini juga menyatukan kembali antara Keanu Reeves dan Sandra Bullock semenjak film terakhir mereka, Speed.

Kate Forster (Sandra Bullock) adalah dokter muda yang masih berusaha untuk menyesuaikan diri di Chicago setelah ia pindah dari sebuah lake house. Sementara Alex Wyler (Keanu Reeves) adalah arsitek yang baru saja menempati sebuah lake house yang merupakan bekas rumah masa kecilnya. Keduannya mulai menjalin sebuah hubungan yang aneh, ketika keduannya mulai berkorespondensi lewat sebuah kotak surat yang sama. Menariknya, ternyata mereka berdua tidak hidup pada satu waktu yang sama. Kate hidup di tahun 2006 sedangkan Alex hidup di tahun 2004. Yap ! Dengan kata lain, kotak surat itu adalah sebuah mesin waktu. Dengan interval waktu 2 tahun ini, apakah keduannya dapat bersatu sebelum semuannya terlambat ?

“Hey, they don’t live in 1800’s. Where’s cellphone ? Where’s the search engine ? Okay, forget it ! Though it has bland stars in leading role, you still can get amusing feature which provide fresh concept through its uniquely illogical plot.”

Drama fantasi yang menghadirkan konsep “time travelling” memang mau tidak mau akan men-trigger otak kita untuk berpikir. Dan memang itulah yang menjadi film ini terlalu banyak “holes” yang mungkin banyak orang tidak dapat toleransi. Tidak hanya itu, time setting yang menyajikan sisi Kate dan sisi Alex yang berjalan bersamaan membuat penontonpun kesulitan untuk berpikir. Okay, actually, you don’t need to.

Di sisi lain, konsep premis yang unik  memberikan sedikit angin segar untuk film komedi romantis bergenre fantasi yang memang sedikit jarang ditemui. Chemistry yang harus dibangun Bullock dan Reeves juga tergolong sulit, film ini seperti film You’ve Got Mail namun Tom Hanks dan Meg Ryan tidak diizinkan untuk bertemu atau kontak sekalipun. Keduannya juga tidak bisa memberikan ekspresi terbaik lewat surat-menyurat yang membuat akting mereka benar-benar hambar dan tanpa rasa. Dan, sebenarnya, Kate dan Alex bisa jatuh cinta cuma lewat surat-menyurat ? I have to say, “Seriously ?”

Sub story yang dihadirkan cukup “old fashioned” dan distraksi yang menganggu untuk cerita utama, yaitu permasalahan Alex dengan ayahnya, juga situasi terjebaknya Kate dengan pacarnya.

Satu hal yang sedikit “heart-wrenching” disini adalah bahwa ternyata segala sesuatu bisa terjadi dalam waktu dua tahun, termasuk kehilangan orang-orang yang kita cintai. Terlepas dari semuannya, film ini masih bisa menghibur walaupun sangat mudah untuk dilupakan.

Trivia

Pendapatan domestik untuk America menduduki peringkat 8 setelah Godzilla, The Departed, The Ring, The Grudge, Eight Below, The Ring Two, dan Shall We Dance untuk kategori remake Asian.

Quote

Kate       : One man I can never meet. Him, I would like to give my whole heart to.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s