The Guilt Trip (2012) : Unexpected Cross-Country Voyage Tests Mother-Son Relationship

Director : Anne Fletcher

Writer : Dan Fogelman

Cast : Barbra StreisandSeth Rogen, Colin Hanks

About

The Guilt Trip adalah film komedi yang membawa kembali Barbra Streisand menjadi leading lady dalam feature film. Ia disandingkan oleh seorang sutradara yang mengawali karirnya sebagai seorang dancer, kemudian koreografer dan kemudian menjadi sutradara. Yah, dia adalah Anne Fletcher. Setelah ia berhasil menyukseskan menyatukan Jenna Dewan dan Channing Tatum di Step Up, atau berhasil mendaratkan Katherine Heigl pada formulaic role-nya di 27 Dresses, atau mungkin the huge big hit dari The Proposal di tahun 2009, The Guilt Trip memang menjadi film yang cukup ditunggu di tahun 2012 yang lalu.

The Guilt Trip berusaha mengeksplor hubungan ibu dan anak antara Andrew Brewster (Seth Rogen) dan Joyce Brewster (Barbra Streisand) lewat sebuah perjalanan road trip selama satu minggu. Andrew yang seorang scientist yang sedang berusaha menawarkan produknya dari satu perusahaan ke perusahaan lain mempunyai rencana untuk menyatukan kembali ibunya dengan cinta masa mudanya. Namun, apakah ia berhasil sementara ternyata ada masalah tersembunyi diantara mereka berdua ?

Film ini merupakan salah satu kekecewaan di tahun 2012, bukan hanya dari segi box office yang hanya menyisakan satu juta dollar dari budgetnya, namun juga dari tidak adanya pengakuan pada akting Barbra Streisand, termasuk pada ajang Golden Globe, bahkan malahan Streisand masuk pada jajaran nominasi aktris terburuk di Golden Raspberry.

“Like others Fletcher’s movies, this mother-son relationship based story is generic, but enjoyable though it brings more flat-ness than laugh.”

Sebuah film komedi memang seharusnya membuat penonton tertawa, atau paling tidak tersenyum atau paling tidak menghibur. Nah, pada tahapan itu, The Guilt Trip hanya mencapai level menghibur. Tidak seperti karya Fletcher yang lain, yang walaupun semuanya mempunyai persamaan dari segi cerita yang sangat mudah ditebak, namun biasanya film Fletcher memberikan satu guilt trip yang membuat penonton tertawa. Namun tidak dengan The Guilt Trip yang satu ini, tidak adanya jokes yang membuat penonton tertawa, tidak dapat menyelamatkan film ini dari sebuah kekecewaan penonton.

Dari awal film, sebenarnya film ini mempunyai rythm yang cukup enak diikuti, walaupun cerita road trip yang sebenarnya bisa sangat luas dieksplor hanya mengambil setting mobil-restoran-perusahaan-hotel-mobil-restoran-perusahaan-hotel. Akting Streissand sendiri juga tidak terlalu buruk sebagai seorang ibu yang “over-protective” terhadap anaknya (And when she’s angry, she nails it). Dengan akting Seth Rogen yang tidak ada perbedaanya dengan kualitas aktingnya di film lain (padahal sebenarnya ia sedikit lebih gila, peran Andy Brewster yang flat benar-benar membuatnya tidak dapat mengeksplor), terkadang ada moment-moment yang manis yang tercipta dari hubungan ibu dan anak ini. Paling tidak, mereka bisa meyakinkan penonton bahwa mereka adalah pasangan Ibu dan anak.

Memang kesalahan dari film ini adalah mengambil jalan cerita yang terlalu aman dan tidak berani gila. Jika saja mengambil banyak moment seperti saat Streissand makan steak seberat anjing pudel, mungkin hasil akhir film ini akan lain. Sementara, untuk sebuah road trip yang banyak mengambil setting di mobil benar-benar hanya memungkinkan kekuatan dari dialog yang tidak akan membosankan penonton, hanya saja the dialogue in the script is not strong enough.

Trivia

Karya Anne Fletcher sebagai sutradara dengan gross box office terendah.

Quote

Joyce : If all the kids in the world were lined up and I was to pick one kid for myself Andy, it will always be you.

Andy Brewster: I wouldn’t let you pick anyone else mom.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s