Behind The Candelabra (2013) : Life and Secret Affair of Pianist Liberace as Soderbergh’s Last Film

Director : Steven Soderbergh

Writer : Richard LaGravenese

Cast : Matt Damon,  Michael Douglas, Rob Lowe

About

Behind The Candelabra adalah film yang menceritakan tentang “lebih berkonsentrasi” pada kehidupan Liberace (Michael Douglas) dengan kekasihnya, Scott Thorson (Matt Damon). Liberace sendiri adalah pianis legendaris yang berkarya selama lebih dari empat dekade.

Image

source : imdb.com

Film ini diawali dengan perkenalan kepada tokoh utama, Scott Thorson yang bertemu dibalik backstage dengan Liberace. Setelah beberapa saat bertemu, keduannya mulai menjalin asmara walaupun Thorson sendiri kurang merasa nyaman karena ia adalah seorang biseksual. Mulailah kelucuan-kelucuan gayish yang terjadi mulai dari operasi plastik, diet, posesif dan satu sama lain. Hubungan mereka akhirnya diuji ketika Thorson mulai kecanduan obat dan Liberace mulai melirik ‘bakat-bakat’ yang lebih muda.

I think that’s enough for the synopsis, I hate to write biography’s synopsis.

“Matt Damon + Michael Douglas + Steven Soderberg = I don’t know what to say.”

Melihat film ini pasti langsung terkagum dengan penampilan duo leadnya, terutama Damon. Damon mulai membawa karakter Thorson ke dalam sebuah character development yang berarti melalui emosi dan juga dibantu oleh make upnya. I’m not a big fan of Damon, but this is the best I ever saw him. Damon begitu total memerankan un-gay Thorson menjadi seorang yang benar-benar terlihat gay. Dan itu tidak hanya dari fisik atau gesture, tapi dari psikologis yang benar-benar menggambarkan perpaduan karakter kompleks dari orang jatuh cinta, orang kecanduan drugs, hypocrite, paranoid sampai metroseksual. Damon did the best.

Lain lagi dengan Damon, Douglas juga berhasil menampilkan sisi magnet Liberace yang simpatetik, caring, dan gayish. Berbeda dengan Damon, Douglas kurang mendapatkan character development di film ini, untung saja dengan pembawaanya Douglas yang mampu menampung semua bentuk fisik dan gesture, karakter ini menjadi karakter yang cukup sukses diperankan. (Hal ini mungkin juga dikarenakan cerita diambil dari sudut pandang Thorson, bukan Liberace sebagai primadonanya).

I hope both of ‘em are gonna win something !

Karakter lainnya, seperti Rob Lowe yang berperan sebagai dokter bedah plastik mampu menjadi seorang karakter yang mengingatkan Anda dengan penyanyi Michael Jackson. Hebatnya lagi film ini ammpu menyuguhkan sebuah entertainment yang mampu mencakup sebuah film yang luas menceritakan biografi seseorang dengan menyenangkan lewat effortlessly jokes, it’s like every momet happens and makes us laugh.

Jika ini adalah karya akhir dari Steven Soderbergh, maka ini adalah penutup yang manis untuk karirnya. Terbukti bahwa film ini sangat steady dan konsisten dari awal sampai akhir, dengan beberapa scene yang beautifully shot.

Trivia

Project mulai dikembangkan pada awal 200an, dengan Robin Williams didapuk memerankan Liberace.

Quote

Liberace : Too much of good thing is wonderful.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s