Stoker (2013) : Don’t Disturb The Family, The Dark Secret of Mysterious Uncle

Director : Chan-wook Park

Writer : Wentworth Miller

Cast :  Mia WasikowskaNicole KidmanMatthew Goode

About

Stoker merupakan langkah awal untuk sutradara yang terkenal lewat film Old Boy (yang juga bakal jadi made in Holywood karena bakalan diremake) untuk menjejakan karir di Holywood. Tidak tanggung-tanggung, ia menggandeng Nicole Kidman, Mia Wasikowska dan Matthew Goode sebagai pengisi karakter-karakter “dark” untuk film bergenre thriller mystery ini.

Berkisah tentang sebuah keluarga yang “sedikit” gila, Stoker diawali dengan India (Mia Wasikowaska) memakai sepatu heels memandang pematang dengan narasi yang sedikit tidak biasa. India yang baru saja menginjak usia 18 tahun harus kehilangan ayahnya di hari ulang tahunnya sendiri. Tidak hanya itu, dunianya seketika berubah ketika Charlie (Matthew Goode), paman yang tidak pernah diketahuinya, tiba-tiba datang tinggal bersama ibunya yang secara emosional kurang stabil, Evie (Nicole Kidman).

Serentetan kejadian aneh mulai terjadi ketika satu-persatu orang yang berkaitan dengan Charlie, seperti housekeeper dan bibi India, Auntie Gin (Jacki Weaver) menghilang secara misterius satu persatu. Charlie pun mulai mendekati India dengan maksud tertentu sementara India sendiri mulai mencium keanehan di dalam diri paman misteriusnya.

Siapakah Charlie sebenarnya ? Who’s really this Stoker family, why we should not disturb the family ?

“Stylish, yet stiff. With impressive camera work, this movie becomes less enganging, though it’s still a nice dish of mystery.”

Karya Chan-wook Park ytang satu ini memang undeniably beautiful dengan teknik pengambilan kamera yng tidak biasa dan selalu special di tiap scenenya ditambah dengan teknik editing yang tidak biasa. Walaupun begitu, film ini menjadi terkadang terlalu kaku dengan narasi atau obrolan yang terlalu “mungkin” quote-machine ditambah dengan ekspresi para pemainnya yang sedikit comical namun membawa misteri.

Film yang turut membawa tema “kedewasaan” ini juga membuktikan kedewasaan acting bintang utama, Mia Wasikowaska yang cukup konsisten dari awal film sampai akhir (juga menyisipkan beberapa scene adult yang membuktikan Alice ini memang sudah dewasa). Casting-nya pun cukup tepat mendapuk seorang Matthew Goode sebagai tokoh utama yang misterius, killer dengan style, dan seorang yang FREAK !!! Salah satu kekecewaan dari para tokohnya, datang di dalam karakter Evie yang tidak dikembangkan untuk mempunyai porsi yang lebih besar di dalam film (hal ini tentu saja akan sangat berbeda dengan ekspektasi yang terbentuk dari melihat trailer film ini dimana karakter Evie cukup mendominasi).

Kecerdikan sang sutradara ketika film ini menjadi tipe film yang “semakin mengerti ketika semakin dinikmati.” Walaupun terkesan terkadang menyelipkan scene-scene yang tidak penting, sebenarnya scene-scene kecil itu mempunyai makna tersendiri seperti bunga berwarna merah pada awal film atau scene karakter India sedang terbaring di kamar tidurnya kemudian menggerakkan kedua tangannya.

Lebih jauh lagi, film ini juga menghadirkan semacam filosofi “perburuan” untuk storyline, bagaimana sebuah karakter menunggu untuk final act, kapan sebuah karakter akan menarik trigger.

Terlepas dari semunnya, film ini cukup thrilling dengan semua karakter dan tema dark yang diusung dan juga tidak mengandalkan gore atau darah atau klise.

Trivia

Carey Mulligan, Kristen Steward, Rooney Mara, Emily Browning, Emma Roberts, Bella Heathcote dan Ashley Greene semuannya dipertimbangkan untuk memainkan India Stoker.

Quote

India Stoker : Just as a flower does not choose its color, we are not responsible for what we have come.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s