Despicable Me 2 (2013) : A Sequel of Super Bad Super Dad, More Minions and Lipstick Taseeeer !

Director : Pierre CoffinChris Renaud

Writer : Ken Daurio, Cinco Paul

Cast : Steve Carell, Kristen Wiig, Russell Brand

About

Dengan mengantongi lebih dari setengah miliar dolar America, Despicable Me pun akhirnya mendapatkan porsi “sekuel”nya. Kisah yang bercerita tentang bad guy turns out to be decent guy di film pertamanya memang sempat menjadi hit karena memberikan cerita dengan surprise tersendiri. Belum lagi kehadiran Minions sebagai supporting role yang terbukti efektif dan suara grumpy Steve Carell yang mampu menghidupkan karakter Gru.

Despicable Me 2 benar-benar menjadi film yang ditunggu dan turut meramaikan parade film summer (selain juga turut meramaikan parade film animasi yang akan dibuat sekuel, yep ! Monster University released last week). Despicable Me 2 juga masih menggandeng banyak pengisi suara yang sama dengan film sebelumnya. Bahkan, Kristen Wiig yang sebelumnya hanya memegang minor role, kini dipercaya untuk menyuarakan suara yang lebih signifikan (Iyah, Bridesmaids mengubah karirnya).

Setelah beberapa trailer teaser yang kebanyakan menghadirkan karakter kuning lucu dengan bahasa yang tidak jelas, Minions. Maka Despicable Me 2 akan dirilis minggu ini.

Despicable Me 2 bercerita tentang kehadiran super villain baru yang masih menjadi teka-teki karena ia mencuri secara terang-terangan sebuah laboratorium di kutub yang sedang mengolah serum berbahaya. Untuk menangkap sang penjahat, liga anti penjahat mengirim agen rahasia bernama Lucy (Kristen Wiig) untuk menculik Gru (Steve Carell) dan mengajaknya untuk berpartner. Di sisi lain, sisi lain Gru mulai minta diperhatikan lebih, yaitu anak-anaknya dan kehidupan asmaranya. Mampukah Gru menangkap sang super villain dengan bantuin para Minions dan Lucy ?

“Despicable Me 2 is unfocus sequel which is not GETting SMARTer and Minions show as bitter saccharine .”

Baru di awal film, Minions sudah mengundang tawa penonton dengan ulah mereka. Yep ! Minions domination ! Porsi Minions mendapatkan porsi yang lebih banyak di film ini, bahkan peran mereka juga bertambah signifikan pada storyline-nya. Di film pertama, penampilan Minions terbukti efektif dan they stole the show. Hal yang sama ingin dicapai pada sekuel ini hanya saja sepertinya Minions try too hard. Pada awal film, semua hampir tertawa dengan ulah Minions, namun karena terlalu banyak di ekspos, peran Minions ini seperti kehilangan sisi “cute-ness” mereka karena terlalu banyak tampil dengan scene yang sebenarnya tidak perlu. Sorry, Minions. Ini juga memicu pikiran jika spin off Minions, dengan judul yang sama, hanya mengandalkan kelucuan dan kekonyolan Minions diluar sebuah skrip yang benar-benar kuat, trust me, the spin off is gonna be a mess !

Image

source : www,impawards.com

Ingat dengan Vector ? Yah, karakter villain yang disuarakan Jason Segel ini juga menjadi karakter yang menarik di film sebelumnya. Di film ini, yang mengambil premise dengan kata “super villain”, hal itu malah menjadi sesuatu yang miss. Karakter villain yang dirahasiakan dari awal membuat villain kurang dapat dieksplor dan malah terkesan mengambang dan film hampir setengahnya berjalan tanpa adanya konflik dan tanpa musuh, membuat film ini terasa datar. Ketika karakter villain mulai diungkap juga merupakan sebuah kekecewaan ketika villain bukanlah tipe yang super. Bahkan, dia sangat mudah dikalahkan. Wew ! And basically, there’s no REAL problem in this movie.

Gru yang ingin mencuri bulan di film pertama menjadi visi yang ambisius dan membuat film jelas mau dibawa arahnya kemana. Lagi, dan lagi, film sekuel ini kehilangan visi yang membuat film menjadi seperti blur dan kehilangan fokus, hanya menyajikan slapstick di sana dan di sini.

Di sekuel ini juga Gru is not a bad guy, yang membuat film ini sepertinya menjadi agak tergeser dari judulnya DESPICABLE ME, Gru berubah dan membantu agen untuk menangkap penjahat pastinya akan mengingatkan kita pada film Steve Carell dan Anne Hathaway, Get Smart. Yup ! Beberapa tingkah Gru saat membantu agent, bahkan karakter villain di film ini akan mengingatkan kita pada film Get Smart.

Despicable Me 2 berusaha mengganti parental problem (yang menjadi message penting di dalam film pertama) dengan sisi romance antara Gru dengan Lucy dan Margo (anak pertama Gru) yang sedang mengalami kisah cinta pertamanya. Jatuhnya, generic ! No surprise, membuat cerita menjadi mediocre.

IT’S BIG DISAPPOINTMENT namun untuk ukuran film keluarga, dimana anak kecil pasti akan dibuat gemas dengan karakter Minions, yep ! When we’re children, fuck the plot, fuck everything, every movie is awesome.

Trivia

Javier Bardem dipertimbangkan untuk mengisi suara villain namun ternyata keluar.

Quote

Gru (to Agnes) : Never get older.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s