Passion (2012) : The Rivalry Between The Dragon Tattoo-ed Girl and The Mean Girl

Director : Brian De Palma

Writer : Brian De Palma, Natalie Carter

Cast : Rachel McAdamsNoomi Rapace, Paul Anderson

m

About

Bagaimana ya jika The Girl with Dragon Tattoo melawan seorang Mean Girl ? Yup ! Passion jadinya, film remake dari film Perancis berjudul Crime Love yang salah satunya di bintangi oleh Kristin Scott Thomas.

Film ini menjadi usaha lain dari Brian De Palma yang sedang mengalami penurunan karir terus-menerus.  Sutradara dari horor classic Carrie ini terakhir kali berjaya ketika ia sukses membawa Tom Cruise dalam Mission : Impossible, dan terakhir terjungkal (not documentary) pada film murdering, The Black Dahlia.

Film ini bercerita tentang rivalry antara dua wanita yang mempunyai ambisi dalam sebuah agen periklanan, Christine (Rachel McAdams) dan Isabelle James (Noomi Rapace). Christine yang merupakan dari Isabelle berusaha memanipulasi apa yang dikerjakan Isabelle dan mengambil credits dari kerja kerasnya. Tidak hanya itu, ketika Isabelle mulai melakukan perlawanan, Christine mulai mempermalukan Isabelle di depan umum, mengintimidasi, sampai memfitnahnya. Rivalry antar mereka berdua bahkan sampai berujung pada tindak pembunuhan yang ternyata membuka banyak misteri dari rivalry itu sendiri.

“Presenting its two distinctive leads, but not quite an erotic “erotic” movie, and the finale is a little bit ludicrous.”

Dengan magnet dua bintangnya, Rachel McAdams dan Noomi Rapace, kemudian digabungkan dalam satu film yang ingin mengambil sentuhan “erotic”, tentu saja film ini masih kurang nendang. Dan, jika film ini bergenre thriller, maka this movie isn’t thrilling at all.

Rachel McAdams terlihat kurang “evil” walaupun dia begitu luminous as usual. Karakter seorang Christine sebagai boss yang manipulatif sepertinya akan mengingatkan kita pada karakter sukses McAdams sebagai Regina di Mean Girls. Namun, di film ini ia masih terlalu standar, kurang mengintimidasi Isabelle.

Karakter Isabelle, yang diperankan Noomi Rapace adalah karakter dengan sejuta sisi. Ia seperti innocent, fragile, sedih namun mempunyai vulnerability layaknya seorang Lisbeth Salander yang mau menyerang. Tentu saja, sebagai karakter tama, sejuta karakter ini membuat Rapace kurang mempunyai depth unuk memerankan Isabelle. Transisi satu sisi Isabelle ke sisi lain Isabelle sepertinya masih terlalu kasar sehingga membuat kita berpikir “Ia langsung menjadi karakter lain” bukan “Ia ‘secara lambat’ berubah menjadi karakter yang lain.

Film ini memiliki dinamika sepanjang film, paruh pertama dengan menyenangkan menceritakan persaingan dua perempuan ini, bahkan diselipi dengan musik-musik yang kadang terlalu “menyenangkan” untuk sebuah thriller. Di paruh sepertiga kedua, cerita kurang bisa meruncingkan konflik yang ada pada dua karakter utama. Kurang banyaknya porsi untuk Rachel McAdams dan Noomi Rapace untuk bisa face to face secara intens. Di sepertiga berikutnya, sepertinya menjadi bagian yang cukup thought provoking sekaligus membingnungkan sekaligus manipulatif namun kurang investigatif (is there word “investigatif” ? Haha). Palma berani mengambil sisi klimax film (okeh, adegan murdering) dengan memakai ciri khasnya yaitu split screen. Walaupun mungkin pasti mendapatkan sisi estetika lewat adegan balet, namun scene klimax ini terlalu membingungkan dan masih sedikit menyebalkan ketika sebuah cerita berusaha memanipulatif dengan menghubungkannya dengan adegan “bangun dari tidur”. Thought provoking memang, namun ketika penonton malah menjadi bingung (bukan cenderung berpikir), apalah artinya sebuah thought provoking.

Satu lagi di adegan terakhir adalah character revealing yang begitu konyol. Sepertinya dari segi cerita, penulis terlalu malas untuk bisa melakukan sebuah pengungkapan yang lebih investigatif dan meninggalkan clue-clue. Terlalu shortcut dan yah, jatuhnya terlalu menggampangkan.

Jika dilihat dari secara keseluruhan, film ini sangat-sangat Brian De Palma, namun film yang sangat-sangat Brian De Palma is not enough anymore (now).

Trivia

Karakter Noomi Rapace akan mengingatkan kita pada karakter Rooney Mara pada Side Effect di sisi character revealingnya. Baik Rapace dan Mara juga pernah memerankan Lisbeth Salander pada film The Girl with Dragon Tattoo.

Quote

Isabelle James : There’s no backstabbing, Christine. Just business.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s