The Conjuring (2013) : Based on True Case (X) Files of The Warrens

Director : James Wan

Writer : Chad HayesCarey Hayes

Cast : Vera FarmigaPatrick WilsonLili Taylor, Ron Livingston

About

Setelah keberhasilan beberapa teaser dan trailer dari The Conjuring yang terbukti efektif, ditambah dengan predikat rated R untuk film horror yang tidak mengandalkan gore, The Conjuring menjadi salah satu film horror yang memang ditunggu. Tidak hanya itu, reputasi “based on true story” dari Ed dan Lorraine Warren juga menambah nilai jual dari film ini. Reputasi sang sutradara pun cukup dinilai baik, lihat saja bagaimana James Wan menciptakan franchise Saw atau kesuksesannya membesut Insidious sampai akan dibuat prekuelnya, Insidious Chapter 2.

The Conjuring bercerita tentang keluarga Perron yang baru saja pindah ke sebuah farm-house, dan (seperti biasa) mereka mendapatkan gangguan dari alam lain, sehingga memaksa mereka untuk meminta bantuan dua dosen, paranormal, demotologist atau apapun itu bernama Ed dan Lorraine Warren yang memang telah berpengalaman di hal-hal gaib. Disebut sebagai satu kasus yang paling mengerikan yang dihadapi Warren, kasus ini terus disembunyikan sampai sekarang, sampai dibuat film, yang akan mengeruk berjuta dollar. Seemingly, it’s gonna take first spot at its first date release.

“I call it horror with a process, not quite impress me, but it’s still a good horror.”

Scene pembuka dari film ini sebenarnya cukup efektif dan sangat kental dengan horror klasik, dimana memang film ini mengambil setting di tahun 1970. Melibatkan boneka kayu bernama Isabelle yang jauh dari lucu memang mengingatkan kita pada boneka Chucky namun dengan gaya yang lebih elegan. Scene awal ini bukan perkenalan pada haunting house yang dialami keluarga Perron, melainkan lebih mengenalkan karakter utama dari Ed dan Lorraine Warren sebagai seorang ahli demotologist.

Beralih ke keluarga Perron, sepertinya James Wan bisa bersabar dalam membangun tensi dan terror. Walaupun sepertinya penonton (maksudnya gue) merasa plot begitu lambat karena tidak sabar untuk menyaksikan para setan beraksi. Ternyata tensi dan terror yang seakan-akan lambat ini merupakan salah satu bagian dari “selayaknya” kerangka berpikir dari film ini, James Wan tahu benar bagaimana cara menciptakan klimax dari film ini.

The Conjuring tidak berkonsentrasi pada misteri di balik rumah, namun melainkan “apa yang diinginkan setan-setan ini pada keluarga Perron” dan “bagaimana mekanisme mereka menjalankan teror’.  Beberapa peralatan dari Warren pastinya mengingatkan kita pada Insidious yang ternyata cukup efektif di film tersebut, namun di The Conjuring, peralatan-peralatan paranormal sepertinya lebih dibatasi.

Film yang berdasarkan cerita nyata dimana banyak tokoh yang terlibat masih hidup, seperti Lorraine Warren dan keluarga Perron ternyata mempunyai kelemahan. Berbeda dengan cerita yang berdasarkan cerita original, based on true story ini sedikit menjaga “reputasi” dari pihak yang terlibat sehingga sang penulis sepertinya menjadi terbatas, seperti untuk membunuh sebuah karakter atau sebagainya, yang sepertinya sudah lazim di film genre horror. Tapi itu bukan kelemahan yang “kelemahan” karena film ini mampu mengubah hal-hal klise yang biasanya ada di film horror dengan true terror dan tidak tanggung-tanggung membuat setan beraksi tanpa harus mengandalkan appearance mereka. Beberapa adegan yang inventive dan ekstrem yang dilakukan setan-setan ini sepertinya menunjukkan mereka tidak malu-malu lagi, dan itu menjadi salah satu hal yang positif yang membedakan film ini dibandingkan film yang sejenis. Namun sayang, beberapa best part dari film ini sudah bisa dilihat pada video teaser ataupun trailer yang menjadikan moment kurang surprising. So my advice is DON’T WATCH THE TEASER OR TRAILER OR READ MY REVIEW #eh.

Keempat actor utamanya pun (terutama Vera Varmiga) mampu memberikan penampilan mereka sesuai porsi. Vera Varmiga yang membawa nuansa “paranormal” dari aura Lorraine Warren sangat terasa, dan Lili Taylor yang juga bisa memberikan ekspresi sebagai pihak yang paling banyak diteror dan diintimidasi oleh para setan.

The last thing is I like a horror movie with no skeptic. It’s hurray HORROR !

Trivia

Film horror pertama yang memperoleh wide release di bulan Juli setelah remake The Omen di tahun 2006.

Quote

Lorraine Warren : You have a lot of spirits in here but there’s one that I’m most worried about, because it is so hateful.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s