Sunshine Cleaning (2008) : A Bio Hazard Clean Up (Life Problem) Service of Unreliable Sisterhood

Director : Christine Jeffs

Writer : Megan Holley

Cast : Amy AdamsEmily BluntAlan Arkin

About

Keberhasilan Little Miss Sunshine, yang ditandai dengan menangnya Alan Arkin sebagai Best Performance in Supporting Role dan Abigail Breslin meraih nominasi Oscarsnya dan mengantarkannya ia ke karirnya saat ini, sepertinya ingin diulang dengan membuat film dengan judul yang (hampir) sama, Sunshine Cleaning.

Masih berkutat dengan broken family, Sunshine Cleaning merupakan nama jasa pembersihan crime scene yang dilakukan dua bersaudara, Rose (Amy Adams) yang berkarakter lebih mandiri, single parent, dan seorang pelayan, dan Norah (Emily Blunt), adiknya yang tidak bisa mengurusi dirinya sendiri. Dengan carut marutnya kehidupan mereka, pekerjaan ini sama sekali tidak mudah, karena setiap kali mereka membersihkan crime scene (terutama pembunuhan, atau suicide), mereka (terutama Norah) mengalami hubungan emosional dengan tempat tersebut akibat sebuah ingatan masa lalu yang menyedihkan. Hubungan kakak-beradik ini diuji ketika banyak hambatan yang ada dalam pekerjaan ini.

Berperan pula, sebagai ayah, dan kakek bagi anak Rose, Alan Arkin sebagai Joe Lorkowski, yang sedikit banyak me-reprise perannya sebagai foul mouthed grand father di Little Miss Sunshine, hanya saja di film ini ia menghilangkan segala umpatan dan lebih entrepreneur wanna be untuk membahagiakan cucu semata wayangnya, Oscar (Jason Spevack). Oscar juga mempunyai karakter yang bermasalah seperti halnya karakter Abigail Breslin di Little Miss Sunshine.

“There are quite characters here, though it doesn’t cover its shadow standard, it still amuse me, though the emotional connection is still, on and off.”

Jika dibandingkan dengan Little Miss Sunshine, mungkin Sunshine Cleaning mempunyai lebih sedikit kejutan dengan ending yang cenderung kurang surprise dan biasa saja. Namun banyak karakter disini yang coba ditawarkan, seorang Ibu yang menjadi simpanan pacar SMA-nya, seorang adik yang kurang reliable untuk mengatur hidupnya, seorang anak yang selalu bermasalah namun sebenarnya pintar, dan seorang kakek keren yang mencoba berbisnis apapun untuk membahagiakan cucunya. Itu semua sebenarnya indikasi baik bahwa film ini cukup menokohkan setiap karakternya walaupun dalam dosis yang sangat standar.

Film ini juga lebih ingin bermain pada emosi terutama untuk karakter Norah yang mencoba stalking salah satu keluarga korban, namun terlihat bingung mau apa, sehingga kurang menjadi koneksi yang jelas sepanjang film, kesedihan emosi terkadang terlihat namun terkadang hanya off dan on. Untuk karakter Rose, cerita lebih berkonsentrasi pada “kekecewaan”nya kepada dirinya sendiri di posisi sosialnya, berperan sebagai ibu, pelayan, dan juga mantan cheerleader yang menjadi simpanan orang.

Jika bertanya bagaimana penampilan Adams dan Blunt, sebenarnya mereka mempunyai cukup meyakinkan sebagai kakak beradik, dengan performa “cukup” seperti peran-peran mereka sebelumnya. Rose dengan peran khas Amy Adams, dan Emily Blunt sebagai mean gothic girl yang mengingatkan kita pada perannya di Devil Wears Prada.

Film yang diawali dengan black comedy di awal scene-nya ini mungkin menginginkan sesuatu yang lebih real, lebih nyata, dengan menghadirkan permasalahan yang tidak berlebihan, dengan solusi yang tidak muluk-muluk pula, namun terkadang audience needs more, sehingga film  ini terlihat tidak generic, dan bisa diingat. Walaupun begitu, film ini masih enganging dari awal sampai akhir.

This movie is really about life is messy business, with messy job, messy family, messy life, messy son, messy sister, messy friend, all about messy.

Trivia

Feature kedua, setelah Emily Blunt dan Amy Adams bermain di Charlie Wilson’s War, dan sebelum mereka dipertemukan kembali di The Muppets.

Quote

Joe Lorkowski : It’s a business lie, it’s different from a life lie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s