Smashed (2012) : Sober Inside, Sober Outside, Cool Girl Goes Crazy

Director : James Ponsoldt

Writer : James Ponsoldt, Susan Burke

Cast : Mary Elizabeth WinsteadAaron PaulOctavia Spencer

About

Minggu ini, sutradara ini memang mungkin disibukkan dengan drama romantis, duetnya dengan screenwriter untuk 500 Days of Summer, The Spectacular Now. Namun pada tahun 2012, sutradara ini juga merilis sebuah film yang bisa dikatakan OUT OF RADAR walaupun ternyata dibintangi aktris Mary Elizabeth Winstead sampai peraih Oscar untuk peran pembantu wanita terbaik, Octavia Spencer.

Smashed mempunyai jalan cerita yang cukup simple, yaitu seorang guru yang memutuskan untuk berhenti minum minuman keras (sober) untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Suatu hari Kate Hannah (Mary Elizabeth Winstead) harus terbangun entah dimana karena mengalami hangover, setelah sehari sebelumnya ia muntah didepan muridnya dan terjebak dalam situasi yang mengharuskan ia berpura-pura bahwa ia sedang hamil. Hangover yang dilakukan Kate Hannah, terus berujung pada humiliation terhadap dirinya sendiri hingga ia menemukan sebuah pertemuan untuk sharing (AA) dan memutuskan untuk berhenti menjadi pecandu alkohol. Ketika dirinya telah sober, masalah justru datang pada lingkungan di sekitarnya, mulai dari sifat skeptic dari sang ibu, peers yang masih mengiranya masih hamil, sampai suaminya sendiri (Aaron Paul) yang justru lebih bersigat ignorant pada perubahan yang dilakukan oleh Kate Hannah. Tidak hanya merubah kecanduannya, proses sober ini justru menguji banyak orang disekitarnya, dapatkah Kate Hannah melewati itu semua.

“Mary Elizabeth Winstead is the game as drunken bitch for the whole movie, this movie is no concentrating with how frustating it is, to be sober, but shows us in the related relationship in the movie, yep ! This is not love story, but there’s love implied.”

Mungkin kita akan sedikit meremehkan dengan kualitas akting seorang Mary Elizabeth Winstead jika ia harus didapuk sebagai seorang leading role di film di genre drama, mengingat selama ini ia hanya bermain pada film komedi, horror terkenal Final Destination atau genre action yang kurang mengasah kekuatan aktingnya. Namun, give her the proper ride, and she’s the game. Berperan sebagai seorang Kate Hannah bagaikan ia harus memerankan dua karakter berbeda, sober and nonsober, Mary Elizabeth Winstead seakan-akan bertambah “keren” ketika ia memerankan seorang yang prinsipnya mempunyai hati baik, namun terjebak pada perasaan bersalah setiap kali ia kecanduan alkohol. Ketika ia mabuk, yes, she nails it.

Film ini sendiri tidak berkonsentrasi pada bagaimana Kate Hannah frustasi untuk berhenti minum alkohol, namun film ini lebih menunjukkan bahwa sebuah perubahan pada diri seseorang akan membawa perubahan pada relationshipnya pada orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, sering terjadi loncatan waktu pada film ini, namun tidak mengurangi kebersambungan satu scene dengan scene yang lainnya.

Jika dikatakan sisi negatifnya, mungkin karakter Charlie, suami Kate Hannah yang diperankan Aaron Paul mengalami underdeveloped dari awal film sampai tengah film, namun karakter ini semakin menguat di penghujung film ini. Faktor romance juga tidak mendominasi film ini, namun film ini lebih banyak bercerita tentang pengujian relationship di dalamnya.

Dengan tangan sang sutradara, film ini adalah salah satu film yang paling mudah dinikmati karena saking movingnya dan mempunyai jalan cerita yang cenderung simple berjalan alami dan tanpa dibuat-buat. Bayangkan saja, untuk film berdurasi 80 menit, film ini berasa hanya 30 menit, maybe it’s just me. Permainan camera dan kemampuan para aktornya untuk menjalani sebuah scene yang cukup panjang, ditambah dengan permainan editing yang rapi membuat film ini highly recommended, plus very charming and cool Mary Elizabeth Winstead.

Trivia

Untuk mempersiapkan sebagai gadis mabuk, Mary Elizabeth Winstead sengaja berputar-putar untuk membuat dirinya lebih pusing.

Quote

Jenny : It’s hard to live your life honestly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s