Bernie (2011) : Mortician Kills, Even The Brightest Angel Has The Darkest Side

Director : Richard Linklater

Writer : Richard Linklater, Skip Hollandsworth

Cast : Jack BlackShirley MacLaineMatthew McConaughey

About (SPOILER)

Disutradarai oleh yang mengarahkan trilogi dengan rating cukup tinggi, Before Sunrise, Sunset dan Midnight, Richard Linklater, Bernie adalah sebuah film biopik semi dokumenter yang menceritakan satu kejadian kriminal yang menimpa Bernie Tiede (Jack Black). Bernie Tiede dikenal sebagai pribadi layaknya malaikat yang terkenal di seluruh kota. Pekerjaannya sebagai seorang mortician yang mengurusi funeral tidak hanya membawa kepuasan bagi pelanggannya, namun juga word of mouth atas kepribadiannya yang hangat, care, dan menyenangkan. Suatu hari, di sebuah funeral, ia bertemu dengan seorang janda kaya tapi judes, bernama Marjorie Nugent (Shirley Maclaine). Semakin hari, semakin lama, Bernie pun menjadi dekat dengan Marjorie yang terkenal sangat posesif dengan pertemanan mereka berdua, hingga suatu hari kejadian yang tidak disangka-sangka pun terjadi. A murder. Pembunuhan yang dilakukan Bernie kepada Marjorie ini menjadi headline seluruh kota. Salah seorang district attorney (Matthew McConaughey) berusaha menyeret Bernie kedalam penjara tidak peduli, apa yang sebelumnya Bernie lakukan kepada kota itu sebelum pembunuhan.

“Crazy good movie with such a sweetheart and charismatic Jack Black, anchored with real crime-real story.”

Apa yang membuat Bernie berbeda dengan komedi lain, yaitu terdapat sebuah cerita yang memang layak untuk diceritakan dan cerita ini memang tidak mudah untuk dikemas secara komedi. Sebuah pembunuhan yang tergolong dengan issue serius harus dikemas dengan menghibur dan entertaining. You’ll be surprised. Itulah kehebatan Richard Linklater yang membuat transisi dari tone komedi menjadi sebuah court yang serius, begitu smooth (walaupun jika tanpa membaca resensinya akan merasa kaget juga).

Penampilan Jack Black yang memang ahli dalam komedi kali ini lebih teruji dengan penampilannya sebagai seorang Bernie Tiede yang sebenarnya memiliki karakter kompleks, seperti baik hati (super), karismatik (ini yang susah didapat) sampai dengan sedikit gayish, namun sepertinya penampilan Jack Black agak sedikit kurang sebanding ketika masalah yang sebenarnya mulai ia hadapi, sedikit anti klimax namun tidak kentara. Sebagai seorang Marjorie Nugent ? Shirley Maclaine terbukti jago menciptakan antipati kepada penonton, dan Matthew McConaughey juga terlihat semakin matang dalam penampilan dan pengucapan aksen khasnya (yep, he’s one of underrated actor nowadays)

Apa yang lebih lagi dari Bernie ? Adalah cara bercerita lewat semi dokumenter dengan menggunakan testimoni orang-orang di sekitarnya (beberapa memang aktor), namun mereka begitu komunikatif dan meyakinkan sehingga film ini tidak terasa membosankan walau diisi dengan wawancara bergaya testimoni dari awal sampai akhir film. Selain mendapatkan gaya bercerita dan narasi yang runtut, efek film dokumenter pun terasa, film ini menjadi semakin REAL !!

Trivia

Jack Black sempat bertemu dengan Bernie Tiede secara langsung

Quote

Bernie : You cannot have grief tragically becoming a comedy.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s