Byzantium (2013) : (No) Quite Epic Story of Deadly Mother-Daughter Vampires

Director : Neil Jordan

Writer : Moira Buffini

Cast : Saoirse RonanGemma ArtertonSam Riley

About

Beberapa waktu lalu sempat direkomendasikan oleh seorang teman untuk menonton sebuah film drakula atau vampire (what’s difference of both of it ?) berjudul Interview with Vampire yang menampilkan dua bintang kondang yaitu Brad Pitt dan Tom Cruise. Yep ! Walaupun kurang memenuhi ekspektasi awal, tapi atmosfer dari film lawas ini benar-benar terbangun. Neil Jordan sang sutradara sepertinya ingin mengulangnya, yaitu dengan mengganti dua leading tokoh vampire lebih kea rah feminis, yaitu pasangan vampire Ibu dan anak seksi (I am talking about Gemma Artenton) yang diperankan oleh Gemma Artenton (I tell you again) dan Saoirse Ronan.

Sedikit persamaan dengan Interview with Vampire, dua vampire Ibu dan anak ini seakan-akan terjebak pada keabadian yang membuat mereka harus menyembunyikan identitas mereka di tengah zaman yang semakin modern. Tidak hanya itu, mereka juga harus tersembunyi dari para vampire lainnya (entah organisasi apa, salah satunya Darvell (Sam Riley)) yang berusaha menangkap dan membunuh mereka. Di tengah pelarian, Claire (Gemma Arterton) menemukan dan menjalankan sebuah brotel (hotel esek-esek) bernama Byzantium sementara Eleanor (Saoirse Ronan) mulai menemukan cinta pada manusia (Twilight, again ?)

Masih sedikit persamaan dengan Interview with Vampire, film ini mempunyai gaya cerita flashback pada beberapa moment, bedanya, masa sekarang pada Byzantium mempunyai porsi yang lebih banyak dibanding dengan scene flashbacknya, yang mendominasi pada film Interview with Vampire.

“This vampires mother-daughter story has no quite powerful story to be delivered, it lost its ways to tell the mystery, mostly dozing me off, but at least Gemma Arterton is a heroine as usual. Are vampires not supposed to be afraid of sunlight anymore ?”

Peran sebagai Bond girl atau sebagai sexy with, dan kali ini sebagai slutty sexy vampire memang cocok untuk orang sesensual Gemma Arterton, yah apapun itu, walaupun kualitas aktingnya tidak menonjol, dia akan selalu mendapatkan pusat perhatian. Berbeda dengan Saoirse Ronan, setelah mendapatkan nominasi Oscar pada usia muda, dan berperan sebagai killer di Hanna, entah kenapa ia semakin kesini ia mendapatkan peran yang semakin flat saja, yep inget perannya di The Host yang sama sekali tidak menginspirasi. She should not be the next Bella Swan, deserve more.

Apa yang membuat film ini terasa membosankan adalah kurangnya misteri yang tersebar di scene-scene flashback, cerita yang terlalu depresif, ditambah dengan kehilangan arah cerita pada scene-scene masa sekarang yang hanya berkutat pada cerita cinta Eleanor dan sifat posesif dan protektif dari Claire.

Pada awal film, opening scene sebenarnya telah memiliki energy yang kuat sehingga film ini langsung bisa menarik perhatian, namun energy itu terus menurun dan hanya dipertunjukkan kemali menjelang akhir film. Jika ingin menekankan hubungan percintaan dari Eleanor, cerita cintanya juga kurang menarik perhatian dengan pasangan Saoirse Ronan yang sebenarnya kurang sweetheart (aih bahasanya).

Berbeda dengan Interview with Vampire, yang menunjukkan bagaimana bitterness yang dirasakan oleh para vampire-vampire abadi, Byzantium kehilangan sisi itu. Sisi ironis yang seharusnya bisa dijelaskan lewat vampire yang terjebak pada dimensi waktu sepertinya benar-benar hilang pada film ini.

Trivia

Untuk syuting film ini dan The Host, Saoirse Ronan merelakan perannya untuk film Anna Karenina.

Quote

Eleanor : …I write of what I cannot speak, the truth. I write all I know of it, then I throw that pages to the wind, maybe the birds can read it. (I don’t even know birds can read)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s