The Place Beyond The Pines (2013) : Fate – Life Journey Between Motorcycle Stunt and Rookie Cop

Director : Derek Cianfrance

Writer : Ben Coccio, Derek Cianfrance

Cast : Ryan Gosling, Bradley CooperEva Mendes, Dane DeHaan

About

Setelah sukses dengan drama romantis (??) sekaligus depresif-nya Blue Valentine, director Derek Cianfrance kembali bergabung dengan bintangnya, Ryan Gosling. Masih menggunakan loncatan waktu pada storyline-nya, The Place Beyond Pines menambahkan perbedaan perspektif pada filmnya. Film ini secara garis besar, (bisa dikatakan) terbagi atas 3 segmen yang saling tergabung dan berhubungan, dan mengambil tagline “One moment can change your life.”

Luke

Luke (Ryan Gosling) adalah primadona sebagai pengendara motor untuk sebuah acara sirkus, yep bisa dikatakan motorcycle stunt. Suatu malam pertunjukan, mantan pacarnya mengunjunginya, Romina (Eva Mendes) dan membuatnya mengantarkan sampai rumahnya. Tidak disangka, di kunjungannya di lain hari, ia mengetahui bahwa Romina telah mempunyai anak yang merupakan buah hatinya dan tinggal bersama pria lain. Ingin memberikan yang terbaik untuk Romina dan anaknya, Luke mau melakukan apa saja demi mendapatkan uang, termasuk merampok bank-bank lokal dengan kemampuan bermotornya.

Avery Cross

Seorang polisi dan ayah muda, Avery Cross (Bradley Cooper) tiba-tiba pamornya naik ketika ia menyelesaikan sebuah kasus dengan kontroversial. Orang-orang disekitarnya menganggapnya sebagai seorang pahlawan walaupun ia tahu ia melakukan kesalahan fatal dalam melakukan kasus tersebut. Ia ingin keluar dari situasi tersebut namun teman-teman sejawatnya ternyata menyimpan modus yang tidak kalah corrupt di instansi ia bekerja.

Jason & A.J

Dua pemuda sedang menjalani masa remaja mereka, Jason (Dane DeHaan) dan A&J (Emory Cohen). Keduannya memiliki masa lalu yang berkaitan walaupun keduannya belum mengetahuinya. Ketika banyak perkelahian remaja menimpa diantara mereka berdua, Jason mengetahui masa lalu keluarga A&J yang ternyata merubah hidupnya selama ini, dan bersiap melakukan balas dendam.

WOW ! What a story !

Dirlis pada bulan April, film ini menjadi (banyak yang menganggap) salah satu contender yang akan menembus Oscars. Yeah, I hope so !

“This movie is shining though all of (kind of ) segments. Definitely, it owes to guge talented and well choosen cast, and no matter what is it about of Derek Cianfrance movie is, it’s always flowing to watch. Even if it’s about depressing story.”

Seperti halnya Blue Valentine, The Place Beyond The Pines menghadirkan cerita yang sebenarnya cukup depresif. Jika Blue Valentine hanya menyajikan dua perspektif dari relationship dari dua orang saja, The Place Beyond The Pines menghadirkan multiple character dengan banyak perspektif dan efek satu karakter ke karakter yang lainnya. Film dengan durasi lebih dari dua jam ini, terasa dinamik karena diperkokoh dengan masing-masing segmen dengan cast yang mumpuni, seperti Ryan Gosling yang merupakan aktor sempurna untuk film ini (kita seperti melihatnya di film Drive, namun kali ini dengan menggunakan sepeda motor). Ryan Gosling mampu menghadirkan seorang pemuda dengan penampilan menyeramkan namun mempunyai hati yang besar. Melihat Bradley Cooper seakan-akan melihatnya sebagai Pat di Silver Linings Playbook, sebuah karakter dengan dua sisi baik dan buruk dalam waktu bersamaan, sedangkan Dane DeHaan terbukti memberikan sebuah performance yang cukup vulnerable di usiannya yang masih muda.

Melihat The Place Beyond The Pines tidak akan merasa bosan, karena storyline bisa berubah seratus delapan puluh derajat tanpa kehilangan pesona dari para bintangnya, walaupun tentu saja bagian cerita yang terdapat Ryan Gosling memang paling memukau, breathtaking untuk sepanjang film, dan membuat kita berbisik, “This director must be kidding me ?”

Walaupun tidak memberikan pemahaman sedalam Blue Valentine tentang arti sesuatu (pada hal ini relationship), namun The Place Beyond The Pines merupakan gambaran yang luas tentang kehidupan bagaimana satu fragment kehidupan yang satu akan mempengaruhi segmen kehidupan yang lain.

So, well done for bringing such distinctive story !

Trivia

Ryan Gosling menyarakankan Eva Mendes untuk di-cast sebagai Romina (They’re real couple in real life, right ?)

Quote

Robin                    : If you ride like lightning, you’re going to crash like thunder.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s