Kick-Ass 2 (2013) : Violent Sequel of Costumed Superheroes’ Balls to The Wall-Action

Director : Jeff Wadlow

Writer : Jeff Wadlow, Mark Millar

Cast : Aaron Taylor-JohnsonChloë Grace Moretz,Christopher Mintz-Plasse, Jim Carrey

About

Beban sebuah sekuel memang berat, ketika sebuah film sukses kemudian mengeluarkan sekuel, ekspektasi sebuah sekuel untuk menyamai atau bahkan melebihi film aslinya akan terjadi. Kick Ass 2 adalah tindak lanjut dari Kick Ass (tentu saja) yang sebelumnya sukses menelurkan film superhero dengan perspektif “lebih real” dan “lebih berani” jika dibandingkan dengan film superhero kebanyakan.

Setelah Big Daddy meninggal (Nicholas Cage), Hit Girl (Chloe Grace Moretz) diasuh oleh teman ayahnya dan berjanji untuk tidak kembali ke jalanan dan berusaha menjalani kehidupan normal ala gadis SMA. Berbeda dengan Kick Ass (Aaroon Taylor Johnson) yang semangat sok pahlawannya semakin berkobar untuk menumpas kejahatan di jalanan dibantu oleh tim Justice Forever yang dipimpin oleh Captain Star and Stripe (Jim Carey). Sementara Red Mist (Christopher Mintz-Plasse) yang berubah menjadi The Motherfucker juga membentuk geng “supervillain” yang sama untuk menuntaskan dendamnya atas kematian ayahnya oleh Kick Ass.

Kick Ass 2 menjadi salah satu film yang diantisipasi pada summer 2013, walaupun kursi sutradara diganti Jeff Wadlow. Namun, sisi humor dan rating R yang dibawanya sepertinya membawa daya tarik sendiri.

“The only hero here is Hit-Girl (not even Jim Carey). And the only good part of this installment is its huge gut with its rating R”

Kick Ass 2 merupakan satu kemunduran jika dibandingkan dengan Kick Ass yang benar-benar mempunyai storyline yang kuat dan berisi di tengah memang banyaknya violence dengan efek yang efektif. Kick Ass 2 hanyalah sepotong fragment kecil dari kehidupan pemain yang tersisa di Kick Ass pertama dengan cerita yang cenderung tidak original dan tidak terlalu dipaksakan. Hal yang masih dipertahankan adalah cerita yang “berani” untuk, misalnya membunuh sebuah karakter, yang dinilai mempunyai lebih banyak nyali daripada superheroes kebanyakan. Yep ! dan kapan lagi kita dapat menyaksikan sebuah film superhero dengan rating R.

Sosok Kick Ass hilang kekonyolannya seperti pada film yang pertama, banyak action yang dilakukannya hanyalah action kosong yang sok pahlawan. Begitu pula, dengan sosok Motherfucker yang berada di level nanggung antara menjadi sosok villain yang serius sadis atau serius konyol. Peran The Motherfucker bahkan terlalu banyak mengandalkan peran Mother Russia yang terbukti menjadi pusat perhatian. Hal yang paling ironis adalah film dengan judul Kick Ass ini tercuri dengan kehadiran Hit Girl yang selalu bersinar di tiap scene-nya, Hit Girl bersinar saat ia harus melawan penjahat, atau Chloe Grace Moretz juga mumpuni saat dia menjadi Mindy McReady sebagai seorang gadis SMA.Sayangnya Chloe Grace Moretz sebagai Hit Girl benar-benar terbatas penampilannya dalam film.

Banyak karakter heroes “abal-abal” yang dihadirkan disini, namun tidak adanya yang mampu mencuri perhatian. Perhatian untuk karakter baru malah datang dari sisi villain Mother Russia yang akhirnya berhadapan langsung dengan Hit-Girl di akhir film.

SPOILER

Kick Ass 2 tidak mencerminkan sisi Kick Ass pertama yang benar-benar memunculkan sisi dramatik dari menjadi seorang Superheroes. Banyak kematian disini, termasuk karakter Jim Carey dan ayah Kick Ass, namun keduannya malah tidak dimanfaatkan sebagaimana kematian Big Daddy yang benar-benar tragis di film pertama. Bahkan, kematian Captain Stripes and Star ditindaklanjuti oleh aksi komedik yang membuatnya benar-benar kurang memorable. Yap ! Terang saja Jim Carey menarik dukungannya pada film ini, karena karakternya kurang mempunyai “pride” dalam cerita. Haha, kidding. Tapi benar, Jim Carey yang seharusnya menggantikan karakter Nicholas Cage kurang mengalami perkembangan dalam cerita.

Sorry untuk sebuah sekuel, this Kick Ass is not a kick ass. Hit Girl is a kick ass.

Trivia

Berada pada spot kelima pada minggu pembukaan di America.

Quote

Mindy Macready              : Game on, cocksuckers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s