The Bling Ring (2013) : One Heist at A Time of Fame Obsessed Juveniles

Director : Sofia Coppola

Writer : Sofia Coppola

Cast : Katie ChangIsrael BroussardEmma Watson

About

Sebut saja, My Week with Marylin (hmm, oke dia cuma pemeran pembantu), The Perks of Being Wallflower, This is The End, atau The Bling Ring ! Film dengan Emma Watson didalamnya, setelah franchise Harry Potter habis, memang mengundang antusiasme tersendiri. Belum lagi beberapa projek film yang ia tolak, benar-benar membuat kekecewaan tersendiri. Ditambah dengan reputasi Sofia Coppola, film The Bling Ring menjadi begitu dinantikan.

The Bling Ring terinpirasi dari sebuah artikel di Vanity Fair berjudul The Suspect Wore Louboutins yang menceritakan sebuah true crime story tentang sekumpulan remaja nanggung yang melacak rumah para selebritis Holywood seperti Paris Hilton, Lindsay Lohan, Orlando Bloom untuk dirampok rumahnya saat mereka tidak berada di tempat. Perampokan pertama dilakukan oleh Rebecca (Katie Chang) dan Marc (Israel Broussard) yang sukses masuk ke dalam rumah Paris Hilton dan mengambil beberapa barang pribadi Hilton, keduannya kemudian mengajak beberapa gadis yang terobsesi terkenal, diantaranya Nicki (Emma Watson), Chloe (Claire Julien) dan yang lainnya. Kebiasaan merampok ini terus menerus membentuk lifestyle mereka, tanpa mereka sadari mereka tidak bisa berhenti dan tidak mempertimbangkan resiko yang harus mereka tanggung suatu hari nanti.

“Rob Paris Hilton’s House – Rob Lindsay Lohan’s House, and then Orlando Bloom’s House. Is this documentary ? You know what, the reason I watch it is Emma Watson, I am not getting enough. She’s even underdeveloped.”

Beberapa image teaser atau trailer menunjukkan bagaimana Emma Watson keluar dari kesan “gadis baik-baik” kemudian berubah menjadi seorang “hard party girl”. Yep, itu menjadi salah satu daya tarik tersendiri, namun itupun tidak diperoleh di film ini. Emma Watson hanya berperan selayaknya supporting actress yang dikesampingkan ke dalam The Bling Ring yang tidak jelas bercerita dari sudut pandang siapa di tengah karakter-karakter genericnya. Padahal dari beberapa scene yang Watson dapat, ia benar-benar berusaha maksimal dalam karakternya, termasuk gaya berbicaranya yang sangat “annoying” saat di wawancara. Namun sekali lagi, Watson seakan-akan hanya pemain pendukung disini. Pemain utama sepertinya direbut oleh Katie Chang dan Israel Boussard yang cenderung melakukan interaksi dan chemistry yang “bland” untuk sebuah main course dalam sebuah cerita, seperti tidak ada kaitan emosi di dalamnya.

Jika dikaitkan dengan cerita yang berbau crime, film ini se-duapertiganya diisi dengan pencurian yang dilakukan para pemainnya, namun sekali lagi dalam pencurian tersebut tidak adanya rasa thrilling, hanya sebatas para remaja ini pamer sepatu, baju, kaca mata, kemudian foto sana-sini. It’s not about documentary, right ? Setelah scene pencurian selesai, beralih ke penangkapan yang sebenarnya ditunggu namun malah scene persidangan saja di-skip dan terasa tidak berklimax. Padahal terdapat potensi disana, seperti bagaimana para remaja ini kemudian saling membela diri mereka sendiri, atau backstabbing untuk memperoleh hukuman serendah mungkin, konflik-konflik tersebut tersirat pada sesi wawancara namun sama sekali tidak dieksplor.

Berbicara tentang The Bling Ring, mungkin jika tidak ada nama Sofia Coppola disini, The Bling Ring banyak dianggap “The One of Bland Worst Movies of The Year”. Whether you like it or not, the director reputation saved it.

Trivia

Emma Watson saat melakukan proses syuting kehilangan dompetnya di tengah film ini yang bercerita tentang pencurian. How ironic !

Quote

Nicki : I’m a firm believer in Karma and I think this situation is a huge learning lesson for me… I want to lead a country one day for all I know. (WTF, right ?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s