The East (2013) : Extreme Left Direction of Eco-Terrorism to Act “What is Right”

Director : Zal Batmanglij

Writer : Zal Batmanglij, Brit Marling

Cast : Brit MarlingAlexander SkarsgårdEllen Page, Patricia Clarkson

About

“Spy on us, and we’ll spy on you” menjadi tagline yang sangat menarik terutama jika disandingkan dengan jajaran cast yang sangat menarik pula. The East adalah sebuah thriller yang bercerita tentang sekumpulan organisasi rahasia (The East) yang mulai melakukan penyerangan secara rahasia kepada korporat-korporat besar yang mereka rasa bersifat corrupt, mulai dari pembuangan limbah, penumpahan minyak di laut yang mengganggu ekosistem, sampai penyebaran obat-obatan dengan side effect yang mengerikan. Sebuah perusahaan khusus mata-mata, dikepalai oleh Sharon (Patricia Clarkson) mengirim seorang intel berbakat Jane/Sarah (Brit Marling) untuk masuk ke dalam organisasi The East yang dikepalai oleh Benji (Alexander Skarsgard) dan beranggotakan Izzy (Ellen Page). Mulai memasuki organisasi tersebut, Sarah mulai terjebak ‘secara moral’ dipihak siapakah ia harus berpihak.

Film ini juga ditulis oleh sang leading lady, Brit Marling yang sebelumnya juga menulis Another Earth, dan juga Sound of My Voice, yang bercerita tentang cult.

“Nice movie about eco-terrorism, and subtle thriller about what is right and about about what is wrong. “Being unexpected is expected”-kind of movie and it (still) goes natural.”

The East mengangkat satu tema yang terkadang membuat kita harus memilih, disisi manakah kita harus berpihak. Sebuah organisasi yang sebenarnya menjunjung sesuatu yang benar namun dilampiaskan dengan cara yang ekstrem. Membuat kita merasa bingung siapakah protagonist dan siapakah antagonist-nya. Mengingatkan pada sebuah cult, organisasi The East memiliki anggota yang mempunyai aura tersendiri yang cenderung “freak” dan mengerikan. Yeah, Ellen Page is the proper face, and Alexander Skarsgard, nice touch.

Brit Marling dan sutradara sepertinya ingin membuat film thriller yang sehalus mungkin tanpa membuat jalan cerita terisi dengan banyak hal yang berlebihan, namun tentu saja tetap thrilling. Konsep being unexpected sangat diharapkan dari awal film sampai akhir film, dengan harapan film ini memberikan twist yang benar-benar patut ditunggu. Namun tidak, twist yang ditunggu sebenarnya sudah tertebak, (bahkan mungkin berasa bukan twist), namun dikemas dengan package dan solusi “anti-klise” yang membuat film ini malah mempunyai ending yang sempurna.

Film thriller yang mudah diikuti tanpa kita merasa tegang yang berlebihan, walaupun hal tersebut bisa menjadi kelemahan, untuk ukuran thriller yang sebenarnya bisa menambah tensi-nya untuk beberapa scene-nya, dan untuk Brit Marling dengan banyak keterlibatannya ke dalam film serapi ini, mungkin dia adalah salah satu aktris paling berbakat saat ini dan perlu lebih banyak rekognisi untuknya. Ellen Page tampil dengan “exclusive”, dan shining as usual. Patricia Clarkson berperan solid dan meyakinkan sebagai seorang perempuan cerdas yang memimpin sebuah perusahaan.

Yep, film ini merupakan thriller yang mampu mengangkat tema dengan sisi yang lain, yang tidak hanya mengandalkan bagaimana penonton terpompa adrenaline-nya namun juga memikirkan isi content dari cerita film itu sendiri.

Trivia

Film ini diinpirasi dari pengalaman para screenwriter-nya.

Quote

Izzy: We are The East, we don’t care how rich you are. We want all those who are guilty to experience the terror of their crime

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s