Stuck in Love (2012) : Everyone is Falling In Love Concept of Messed Up Family

Director : Josh Boone

Writer : Josh Boone

Cast : Lily CollinsLogan LermanKristen Bell, Jennifer Connelly, Nat Wolff, Greg Kinnear, Liana Liberato

About

Everyone is Falling in Love, mungkin itulah tema yang diceritakan di film Stuck In Love. Bukan hal yang baru memang, sebuah cerita dengan substory yang berkaitan dengan seluruh anggota keluarga. Sebut saja, Crazy Stupid Love (yeah, I adore this movie).

Bill Borgens (Greg Kinnear) adalah seorang penulis veteran yang belum bisa move on, pasca ditinggal istrinya Erica (Jennifer Connely) menikah lagi dengan pria lain. Sementara ia menjalani fuck buddy dengan Tricia (Kristen Bell), ia harus mengurusi dua anaknya yang juga mempunyai bakat menulis seperti dirinya. Rusty (Nat Wolff), anak laki-lakinya yang belum berpengalaman dengan lawan jenis memendam perasaan pada teman sekelasnya, Kate (Liana Liberato), dan Samantha (Lily Collins) yang trauma atas perceraian kedua orang tuanya, yang terus melakukan blocking terhadap kehidupan percintaannya, termasuk pada Lou (Logan Lerman). Ketika Samantha berhasil menerbitkan sebuah buku, interaksi anggota keluarga ini kembali dipertemukan dengan beberapa konflik di dalamnya. Yep ! Mereka harus dealing dengan konsep “second chance” dan “move on”.

“This is what happens when there’s bnch of substories in one single movie. Tends to be generic and has too simplied simple solutions for each stories, though it has fine cast, particularly Lily Collins.”

Inilah yang terjadi ketika satu film dengan durasi yang sangat terbatas mempunyai beberapa substory yang tergolong sama kuat. Cerita anak, ibu, dan ayah dengan kehidupan mereka masing-masing ini diawali dengan penampilan yang solid di awal, berhasil membuat penonton ingin melihat kelanjutan cerita. Namun, semakin ke belakang, cerita bertambah semakin generic dan tidak ada hal yang spesial.

Beruntung film ini bercerita tentang “writers” dalam satu keluarga sehingga banyak dialog yang berhasil ditambahkan berasal dari sudut pandang seorang penulis, dengan kekuatan para aktor di dalamnya, membuat film seakan-akan menjadi “good reading” namun kurang kuat untuk menjadi film yang bisa diingat. Dari semua aktor, penampilan Lily Collins sedikit keluar dari peran yang biasanya ia perankan (yeah, walaupun ia baru mempunyai beberapa film yang pernah ia bintangi), berperan sebagai gadis yang cynical dan “sedikit liar” keluar dari muka parasnya yang merupakan gadis baik-baik.

Film tentang tiga percintaan ini menjadi setengah-setengah ketika endingnya juga berubah menjadi setengah klise, dari tiga percintaan, hubungan ibu dan anak antara Jennifer Connely VS Lily Collins malah menjadi jalan cerita yang paling menarik.

Untung saja, beberapa moment manis bisa sedikit tersebar di sepanjang film, namun untuk sebuah film yang mempunyai banyak karakter dan banyak cerita, (dan jika dibandingkan dengan film serupa, seperti Crazy Stupid Love), (kenapa gue membandingkan dengan film ini, karena dua film ini banyak persamaan, 1. Banyak bintang. 2. Percintaan semua anggota keluarga), film ini lebih memilih melakukan pendekatan “drama” daripada pendekatan yang lebih “komedik”, sehingga banyak moment terjadi secara biasa, dengan banyak “korelasi” antar tokohnya yang kurang kuat, dan kurang adanya unsur kejutan seperti yang ada pada film Crazy Stupid Love.

Trivia

Kedua kalinya, Logan Lerman berperan sebagai seorang writer (wanna be, at least), setelah perannya di The Perks of Being Wallflower. Di kedua film, Logan Lerman juga mempunyai love-interest dengan nama Sam.

Quote

Bill : I can hear my heart beating. I could hear everyone’s heart. I could hear human’s noise we sat there making. Not one of us moving, not even the room went dark.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s