Wait Until Dark (1967) : Subtle Thriller About Terrorized Blinded Woman with Intelligence of Survival

Director : Terence Young

Writer : Robert Carrington, Frederick Knott

Cast : Audrey HepburnAlan ArkinRichard Crenna

About

Melihat Audrey Hepburn dalam film komedi atau drama memang terlihat sudah “lumrah”, namun ternyata aktris legendaris yang satu ini juga pernah bermain dalam film horror, walaupun lebih tepatnya film bergenre thriller-suspense. Tidak hanya itu, Hepburn tidak lagi berperan sebagai gadis menyenangkan dan sarapan di Tiffany’s namun kali ini ia akan memerankan sebuah peran yang sangat menantang, dan membuatnya kembali dinominasikan dalam Oscar, walaupun nominasi untuk film ini merupakan nominasi terakhirnya, sebelum ia mengambil rehat kurang lebih 10 tahun untuk kembali berakting. Pada nominasi ini pula, ia kembali dikalahkan oleh Katharine Hepburn, untuk entah ke berapa kalinya.

So this is it the synopsis, seorang wanita dari Kanada menyelipkan heroin ke dalam sebuah boneka untuk ia selundupkan ke Amerika. Ketika situasi mendesak saat mendarat, boneka itu ia titipkan kepada orang asing yang diketahui bernama Sam Hendrix (Efrem Zimbalist, Jr.) Beberapa waktu kemudian seorang laki-laki bernama Roat (Alan Arkin), menyewa dua orang pria  Mike (Richard Crenna) dan Carlino (Jack Weston) untuk memainkan sebuah sandiwara di sebuah apartemen Sam untuk menemukan boneka yang hilang. Kebetulan Sam adalah fotografer yang sering keluar kota, sehingga istrinya Susy (Audrey Hepburn) yang buta harus menghadapi tiga laki-laki ini sendiri.

“It is slow at start, even Hepburn appears after its 20-something minutes. But as a recently blind wife, Hepburn still has a lot of charms, so audience is totally into her. A suspense-thriller with intelligence of survival and never give up.”

Wait Until Dark membuktikan sebuah entertainment yang menghibur sekaligus menegangkan dengan leading role yang pastinya menjadi magnet di sepanjang film. Film ini memang mempunyai plot yang sedikit lambat di awal, namun kemudian semuanya membaik ketika karakter Audrey Hepburn muncul. Karakter Audrey Hepburn sebagai orang buta tentunya membawa daya tarik sendiri, karena inilah film horror pertamanya. Hepburn terbukti bisa memberikan detail gesture untuk membuktikan bahwa dirinya bisa memerankan sebagai seorang istri yang buta.

Wait Until Dark memang bercerita seorang yang bisa dikatakan power-less yang diteror oleh gerombolan orang sinting yang dipimpin oleh Alan Arkin. Namun, film ini bukanlah film pasrah yang hanya mengandalkan teror dan juga kekerasan, namun juga mengandalkan bagaimana karakter Susy ini tidak hanya berjuang untuk dirinya namun juga untuk pernikahannya. Alan Arkin dengan poni anehnya, dan kadang saat bersandiwara timbul moment komedik yang tidak disengaja, bisa membawa cerita paling tidak pada paruh awal dan kemudian memberikannya pada Audrey Hepburn untuk menyelesaikannya.

Jumping scene yang membuat penonton tiba-tiba harus melompat dari tempat duduk juga sempat ditebar di beberapa spot film. Seperti pada judulnya, Wait Until Dark, adalah thriller yang menunggu dengan sabar untuk sampai pada final act-nya. Interaksi antar tokoh, juga strategi dalam memecahkan teror tidak hanya berkutat bagaimana karakter Susy untuk melarikan diri atau mencari pertolongan, beberapa moment survival seperti karakter Suzy yang memecahkan semua lampu di ruangan itu benar-benar merupakan sebuah aksi yang jenius. Dan kita tahu bahwa judul “Wait Until Dark” bukanlah untuk karakter korban, namun justru untuk karakter para penerornya.

P.S. Nobody wants Audrey to die, and when she screams “NO”, hysterically, it’s quite epic.

Yep ! It’s recommended for you who want, a subtle thriller, where you’re really care with the character’s fate.

Trivia

Julie Andrews sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter Suzy.

Quote

Susy Hendrix      : Mr. Roat, are you looking at me?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s