Ain’t Them Bodies Saints (2013) : “At Any Cost”-Love Story Combined with The Beauty of Texas

Director : David Lowery

Writer : David Lowery

Cast : Rooney MaraCasey AffleckBen Foster

About

Wow, such a catchy title, I guess, though I don’t know what this is about. Pertama kali melihat Ain’t Them Bodies Saints adalah trailernya, dan satu kata yang terlintas, adalah Terrence Malick, disertai dengan banyak naratif poetic, disertai dengan berbagai beauty shots yang melibatkan alam dan juga sinar matahari, siapa yang tidak akan menyangka begitu.

The problem is I don’t even like The Tree of Life, wew, yep such a beautiful movie, with a lot of intrepretation of it, but it’s not for me. So this is it ! Ain’t Them Bodies Saints.

Film ini mengambil setting di Texas dengan cerita mellow tentang seorang istri, Ruth (Rooney Mara) dengan anaknya, menunggu suaminya, Bob (Casey Affleck) yang tengah dipenjara akibat baku tembak mereka dengan polisi. Seorang polisi tertembak, Patrick (Ben Foster), tertembak oleh peluru Ruth, dan akhirnya demi menyelamatkan istrinya yang sedang hamil, Bob menanggung semua akibatnya. Beberapa tahun kemudian, Bob melarikan diri untuk kembali bersatu dengan keluarganya, namun tidak semudah itu. Ruth telah memiliki kehidupan yang lebih stabil dengan putrinya, dan hubungannya dengan Patrick malah menjadi semakin dekat, sementara kehidupan Bob di masa depan tidak menjanjikan apa-apa.

“Very slow pacing, with there’s no surprise in acting department is a disappointment, simple story with proper atmosphere (though mostly, it’s gloomy).”

Berbicara tentang Ain’t Them Bodies Saints, syukurlah film ini tidak se-intens dengan eksplorasi yang dilakukan oleh Terrence Malic, berbagai shot indah masih dalam batas wajar dengan disertai dengan banyak poem yang juga masih dalam standar masih bisa dimengerti. Mau tidak mau, berbagai shot indah membuat film ini mempunyai pacing yang cukup slow untuk disimak. Kekecewaan berada pada department acting, ketiga aktor pilar berakting secara flat walaupun juga tidak bisa dikatakan jelek. Namun yang paling mengecewakan, adalah Rooney Mara yang sepertinya tidak mempunyai perkembangan akting semenjak menjadi The Girl with Dragon Tattoo, cara bicara sampai penampilan ekspresi muka sama sekali tidak ada yang special. Paling tidak dengan ketiga aktor ini, casting department tahu benar memilih aktor yang sesuai dengan karakteristik tanpa membuat sang aktor untuk terlalu bekerja keras, it’s well choosen but not really great.

Melihat Ain’t Them Bodies Saints, memang bisa dikatakan mempunyai cinematography yang diatas rata-rata. Namun terkadang environment yang ingin ditunjukkan sepertinya ingin memperlihatkan environment yang terlalu real, untuk berbagai kalangan, masalah gloomy karena lighting yang digunakan tidak berlebihan, sebenarnya membuat film ini begitu sulit untuk dilewati. Lighting menjadi masalah utama, karena beberapa scene menjadi benar-benar total gelap, bahkan pada di siang hari pun, gloomy-ness (???) ini sama sekali tidak berkurang. This movie is one of movie where I am so happy when there’s a daylight. Apalagi tone dan komposisi warna yang menawarkan warna coklat dan hangat di sepanjang film, bisa menjadi hal yang monoton. It’s all about taste maybe. Nuansa ini ditunjang dengan sound yang mendukung seperti bunyi banjo (is it banjo ?), hand clapping dan berbagai musik yang sangat Texas. (I don’t even don’t like Texas or that cowboy’s hat or stuff).

Plot dibuat sesimple mungkin, namun dengan solusi yang serumit mungkin. Kisah cerita yang klasik, paling tidak bisa dieksplor sepanjang film dan mengizinkan untuk para karakternya untuk berkembang.

Trivia

Dipremierkan di festival Sundance 2013.

Quote

Ruth : I shot someone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s