A Hijacking (2013) : Tough Negotiation with Realistic Approach of Hijacked Danish Cargo Ship

Director : Tobias Lindholm

Writer : Tobias Lindholm

Cast : Pilou AsbækSøren Malling, Abdihakin Asgar

About

Captain Phillips is still a hot movie, yah paling tidak untuk minggu ini saja Captain Phillips mampu mengalahkan fiolm horror Carrie yang baru saja dirilis. Berbicara tentang Captain Phillips, sempat tersinggung sebuah film Eropa yang berkisah sama. Pembajakan kapal. Pembajak Somalia. Negotiations and stuff. Bahkan beberapa membandingkan film Captain Phillips dan A Hijacking (yah, lagi-lagi karena keduannya tentang pembajakan.)

Film Denmark yang juga disebut dengan Kapringen ini bercerita tentang sebuah kapal Denmark yang dibajak oleh orang-orang Somalia dengan jumlah yang cukup banyak, membuat crew di dalamnya benar-benar tidak berdaya. Salah satu crew adalah seorang juru masak, Mikkel (Johan Philip Asbaek) yang secara tidak langsung menjadi “lebih dekat” dengan para perompak selama proses negosiasi dengan perusahaan pemilik kapal. Peter (Soren Malling) adalah CEO handal dalam hal negosiasi dengan client, yang kini harus mengikuti semua negosiasi alot dengan perompak kapal untuk bisa kembali memulangkan semua crew-nya.

“Nice negotiation, though it is going nowhere, and the last thing in the ending, gives audience a flaw, which is making this movie, more memorable.”

Dalam kaitannya masih membahas tema tentang film hot, Captain Phillips, kedua film merupakan dua film yang memiliki pendekatan yang berbeda dan sebenarnya sangat susah untuk diperbandingkan, walaupun keduannya memiliki jalan cerita yang hampir sama. So this is it, I am gonna review, I am gonna compare it, I try.

Jika Captain Phillips lebih memilih pendekatan dokumenter dengan banyak moment-moment action yang menegangkan, berbeda dengan A Hijacking. A Hijacking tidak berkonsenstrasi pada kegiatan “pembajakan” itu sendiri, namun lebih melihat lebih dekat proses negosiasi yang terjadi diantara tiga pihak, para perompak, para crew yang menjadi korban, dan juga sisi perusahaan yang diwakili oleh CEOnya.

Jika Captain Phillips memberikan sarana Tom Hanks untuk beraksi, di A Hijacking, sisi ini lebih diempu oleh aktor Soren Malling yang harus bertindak cepat, tertekan, frustasi, disertai ia juga harus melakukan dealing dengan banyak pihak, termasuk stakeholder perusahaan. Disinilah cerita bermain, jika Captain Phillips tidak cukup waktu menghadirkan pihak ketiga, A Hijacking menghadirkan pihak ketiga yaitu perusahaan yang berusaha menyelamatkan banyak crew. Pada Captain Phillips juga tidak terlalu menekankan hubungan Hanks dengan keluarganya, di A Hijacking interaksi ini lebih diperlihatkan.

Jika Captain Phillips, sisi perompaknya lebih dieksplor, lebih diberikan perlakuan selayaknya sebuah karakter, tidak hanya sebagai tokoh antagonist. Di A Hijacking, sisi perompaknya tidak terlalu menonjol, bahkan untuk sisi juru bicara mereka, Omar (Abdihakin Sagar), yang beberapa kali mengatakan dirinya bukan anggota perompak, juga tidak terlalu dieksplor. Namun, sisi kemanusiaan, dan juga sisi mereka sebagai manusia biasa yang ditunjukkan oleh interaksi perompak versus korban ini terjadi pada beberapa moment.

A Hijacking menunjukkan sisi moral sebuah perusahaan untuk mempertaruhkan uang mereka untuk menyelamatkan para korban yang bisa dikatakan, “Apakah layak untuk diselamatkan ?” Disinilah sisi moral dari seorang CEO yang mempunyai perawakan tenang terhadap masalah dipertanyakan. Bagaimana ia akan mengeluarkan uang untuk para perompak, sementara waktu terus berjalan, tidak adanya jaminan crew tersebut akan selamat, dan bagaimana ia harus dealing dengan pihak luar termasuk pada media, keluarga, dan company’s board. Itulah A Hijacking bercerita sepanjang durasi, jadi jika diperbandingkan antara Captain Phillips dan A Hijacking, tentu saja keduannya merupakan dua film yang ‘hampir’ sama namun memiliki pendekatan genre yang berbeda. Bisa dikatakan, jika dilhat sebagai genre thriller, suspense, Captain Phillips jauh lebih mencerminakan, namun jika dilihat sebagai genre drama yang mempelajari karakter dalam melakukan ris managament, tentu saja A Hijacking lebih unggul. So get over it, comparing (and decide who’s more winning picture) this kind of two movies.

Sisi yang lemah dari A Hijacking, yang sebenarnya lebih mempertanyakan “keadaan sebenenarnya” adalah where’s the government ? Pertanyaan ini hampir timbul di sepanjang film karena negosiasi ini lebih melibatkan perusahaan dan perompak (walaupun kasusnya sudah diketahui oleh keluarga, bahkan media.)

Yang kedua, kurangnya sisi intensif dari para aktornya yang mengalami penyanderaan kurang lebih selama 4 bulan (That is really a long time, dude). Sepertinya rasa frustasi kurang ditunjukkan, terlihat dari para aktornya yang terlihat sama dari hari pertama, dan hari terakhir. Bahkan, untuk jangka waktu 4 bulan di kapal, dengan adanya tekanan, stress, kurang makan, “mungkin” kurang tidur, fisik dari para crew masih terlihat tidak berbeda (beberapa bahkan masih terlihat gemuk). Yah, wajah mereka cuma ditumbuhi jenggot atau brewok yang menunjukkan mereka semakin lusuh.

Sisi yang menarik dari film ini adalah film ini menghadirkan tiga bahasa, yaitu, Bahasa Denmark, Bahasa Inggris, dan juga Bahasa Somalia. Untuk perbincangan Bahasa Inggris dan Denmark masih bisa diikuti, namun untuk Bahasa Somalia benar-benar tidak ada subtitle, namun disinilah sisi menariknya. Penonton dibuat merasakan kebingungan para crew ketika para perompak ini berbahasa Somalia, and that is good thing, a good sensation actually.

Adegan di ending, memberikan penonton rasa “glek” namun membuat film ini memiliki sisi dramatic dan juga membuat film ini semakin diingat. You have to find out (by yourself) what kind of scene it is.

Trivia

Adegan phone calls, dilakukan secara nyata dari Denmark ke Somalia, untuk menciptakan efek realistik.

Quote

Peter : Hi Omar, how are you ?

Omar : Fine, you ?

Peter : Fine.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s