The Spectacular Now (2013) : “Out of Comfort Zone”- Not So Typical Teen Movie, “Live in The Moment” is Not Enough

Director : James Ponsoldt

Writer : Scott Neustadter, Michael H. Weber

Cast : Miles Teller, Shailene Woodley, Brie Larson, Kyle Chandler

About

Sutradara, nama James Pondsoldt mungkin belum pernah terdengar sampai akhirnya ia berhasil mengarahkan Mary Elizabeth Winstead sebagai seorang pemabuk yang kemudian berubah lewat support group, Smashed. Keberhasilan Winstead menghidupkan karakter sekaligus film itu sendiri, sepertinya membawa nama sutradara ini akhirnya didapuk untuk menyutradarai film ini.

Writer, siapa yang tidak kenal dengan 500 Days of Summer ? Film yang berhasil mengobrak-abrik emosi sebagai salah satu film yang romantis namun juga sekaligus heartbreaking.

Jika 500 Days of Summer menyatukan pasangan “sweetheart”, Levitt dan juga Deschanel, tidak ubahnya dengan film ini. Rising star di tahun ini dan tahun lalu, yang sepertinya juga akan masih bersinar di tahun depan, Miles Teller (sebelumnya sempat bermain di Rabbit’s Hole) dan Shailene Woodley (sebelumnya memberikan penampilan breakthrough-nya lewat The Descendants).

Hookay enough for the introduction, so here they are, our cute couple……

Suatu hari, Sutter (Miles Teller) dan Cassidy (Brie Larson) adalah pasangan yang sempurna dan cocok dalam segala hal, hingga Cassidy akhirnya memutuskan hubungannya dengan Sutter karena ia merasa Sutter “kurang” memiliki masa depan. Sifat       Sutter yang hard party-ing dan “live at the moment” membuatnya menjadi salah satu siswa paling populer di sekolahnya, hingga akhirnya ia bertemu dengan Aimee (Shailene Woodley), gadis pintar dan natural yang bisa dikatakan “under the radar”. Sutter yang memiliki problem dengan study-nya akhirnya memutuskan Aimee sebagai pembimbing tutornya sekaligus sebagai langkah “rebound” pasca putus dari Cassidy yang masih memberikan sinyal-sinyal positif kepadanya. Ketika keduannya mulai dekat, Sutter akhirnya memutuskan untuk bertemu kembali dengan ayahnya (Kyle Chandler) atas desakan Aimee, yang berujung pada fase “tumbuh” Sutter yang juga berakibat pada hubungannya dengan Aimee yang sebentar lagi akan melanjutkan study-nya keluar kota.

“Fresh, young and mature at the same time, a luxury for coming of age movie.”

Image

source : official Facebook The Spectacular Now

Berbicara tentang kehidupan high school memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi jika dikaitkan dengan kehidupan remaja, film-film serupa sering kali terjebak pada kisah-kisah cinta yang terlalu klise atau terjebak pada hingar bingar “party” yang juga tidak jelas arahnya kemana. Tahun lalu, kita mempunyai high school hits yang berhasil memadukan antara kehidupan sekolah dengan persahabatan dan juga -percintaan, yeah, The Perks of Being Wallflower, one of my favorite movies last year. The Spectacular Now berhasil menggabungkan antara sisi remaja berupa party, kehidupan asmara, dan yang paling mengejutkan adalah sisi menuju matang dari kehidupan remaha yang memang sedang tumbuh.

Masalah party, yang dalam film ini juga dihubungkan pada kebiasaan minum / drinking, memang bukanlah topik baru sang sutradara. Walaupun pada film ini topik ini tidak terlalu dibahas terlalu serius, dan hanya sebagai indikasi dari ketidakmatangan tokoh utama, Sutter.

Topik percintaan mungkin adalah yang paling ditunggu, apalagi ditulis oleh 500 Days of Summer, sempat terlintas di pikiran bahwa “apakah inilah film romantis selanjutnya ?” Harus diakui, jawabannya adalah tidak. Jika 500 Days of Summer hanya mengulik serba berbau relationship sepanjang film. Disini, kehidupan asmara diwujudkan sebagai salah satu bagian kehidupan remaja namun tidak mendominasi. Sisi asmara ini berhasil dihidupkan secara alami dan natural oleh Miles Teller dan juga Shailene Woodley, yang banyak meng-impress dengan banyaknya longshot yang membuktikan spontanitas mereka terhadap percakapan-percakapan manis dan real ala remaja. Shailene Woodley yang diwujudkan sebagai karakter tanpa make up, bisa disamakan dengan hubungan percintaan mereka yang juga tanpa make up, tanpa polesan. Miles Teller yang memegang peran dominasi, karena film ini diceritakan dari sudut pandangnya, juga membawa sisi charming sendiri yang tidak kalah dengan sisi innocent dari Gordon Levitt.

Ketika sisi asmara dari Miles Teller dan Shailene Woodley mulai terjalin, dan menjadi bagian yang paling menarik dari film ini, hal yang paling menarik dari film ini adalah film ini mampu keluar dari “comfort zone”-nya. Kehidupan percintaan tanpa polesan yang terkesan simple, langsung diubah menjadi topik dewasa yang lebih melibatkan karakter Sutter itu sendiri. Tentu saja, untuk membuat transisi dari pure romance menjadi growing up stuff tidak mudah untuk membuatnya tetap menarik, disinilah peran sutradara seperti halnya ia merubah sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang lebih berarti pada Smashed, transisi ini begitu smooth dan sekali lagi, tetap menarik.

Image

source : official Facebook The Spectacular Now

Film ini menjadi film remaja yang tidak petentious namun masih menyandang predikat “Say Anything” dengan kehidupan remaja itu sendiri. Membawa separuh durasi film sebagai film yang begitu bersemangat dengan jiwa muda, kemudian menggantinya dengan issue dewasa yang lebih mature dan lebih mengeluarkan emosi tanpa harus banyak berkata-kata.

The Spectacular Now ? It’s spectacular. Yeah I hope it’s gonna win some awards or something, at least Golden Globe nomination, but you know for the genre “comedy” is too crowded this year.

Trivia

Baik Smashed dan juga The Spectacular Now dishot pada jangka waktu yang relatif pendek. Jika Smashed dishot dalam kurun waktu 19 hari, film ini hanya dishot pada kurun waktu 25 hari. Nice and effective work of the director and the crew, and the cast, especially for the easy chemistry.

Quote

Aimee : You’re all that matters for me.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s