ANNUAL LIST (2015)

Better late than never, is it ? Inilah penampil yang memberikan penampilan apik di tahun 2015 terbagi dalam empat kategori.

Capture

BEST ACTRESS IN SUPPORTING ROLE

Honourable Mention : Rachel McAdams (Spotlight), Mya Taylor (Tangerine),  Judy Davis (The Dressmaker), Julia Roberts (Secret in Their Eyes), Phyllis Smith (Inside Out), Cate Blanchett (Cinderella), Joan Allen (Room), Rebecca Ferguson (Mission Impossible : Rogue Nation), Marion Cotillard (Macbeth), Tilda Swinton (Trainwreck)

#5 Rose Byrne – Spy

SPY-04418.CR2

I won’t stop bragging till she gets the attention she deserves. Rose Byrne semakin menemukan titik komedinya sebagai Master of Fake – bagaimana karakter Raina Boyanov begitu palsu dan begitu original sekaligus mengancam. Disgustingly good !

#4 Jessica Chastain – Crimson Peak

Jessica Chastain - Crimson Peak

You played a character in horror movie, you won’t have any future in award consideration. Dan, di tangan Jessica Chastain karakter antagonis berubah menjadi karakter multidimensional dengan penampilan berdarah dari chameleon satu ini. She got the bone ! And the villainous chin, good enough for me !

#3 Katherine Waterston – Queen of Earth

Katherine Waterston - Queen of Earth

Virginia adalah karakter yang brutally honest, tergabung dengan compassion-nya yang sangat manusiawi terkait dengan pengkhianatan. Musuh dan teman dalam satu karakter ? She’s subtle !

#2 Kate Winslet – Steve Jobs

Steve Jobs

Tanpa category frauds, mungkin dialah yang paling pantas mendapatkan Oscars. Kate Winslet ternyata lebih dari mampu untuk memanfaatkan rally panjang mencuri perhatian dari sosok ikonik utama. And watching the scene when she is ironing, that’s just funny !

#1 Alicia Vikander – Ex Machina

Alicia Vikander - Ex Machina

Penampilan yang begitu organik untuk sebuah robot dengan titik deceiving yang sangat tinggi, Alicia Vikander terbukti begitu pandai memainkannya, sepintar ia memainkan jadwal untuk tampil dalam berbagai film dengan penampilan yang konstan. She, yes, deserves this spot !

BEST ACTOR IN SUPPORTING ACTOR

Honourable Mention : Michael Angarano (The Stanford Prison Experiment), Ezra Miller (The Stanford Prison Experiment), Sylvester Stalonne (Creed), Idris Elba (Beast of No Nation), Tom Mark Duplass (Creep), Ronald Zehrfeld (Phoenix), Liev Schreiber (Spotlight)

#5 Jason Segel – The End of The Tour

Jason Segel - The End of The Tour

Trend comedian memberikan penampilan apik di film yang “serius” juga diikuti Segel sebagai sebuah perpisahan singkat nan manis dari penulis David Foster Wallace – seorang troubled introvert yang berakhir tragis – a smart, poignant performance.

#4 Tom Hardy – The Revenant

Tom Hardy - The Revanant

Banyak orang yang lebih layak mendapatkan perhatian daripada Leonardo DiCaprio dan skenario overdue-nya. Salah satunya Tom Hardy dengan karakter yang rumit dengan screentime yang terbatas, dan yang paling penting adalah komitmennya dalam menjalani setiap peran, termasuk sang nemenis dari Hugh Glass.

#3 Oscar Isaac – Ex Machina

Oscar Isaac - Ex Machina

He’s underrated and his dance. Enough said !

#2 Emory Cohen – Brooklyn

Emory Cohen - Brooklyn

Jika Saoirse Ronan yang bisa membuat kita tersenyum manis, Cohen adalah versi laki-lakinya. He’s proper reason to go home dan lebih dari itu.

#1 Mark Rylance – Bridge of Spies

Mark Rylance - Bridge of Spies

He’s cold as Berlin’s weather, he’s warm as a father, he’s comic relief for the movie with that kind of title. Tak ada yang perlu ditukarkan demi Rylance pada spot ini.

BEST ACTRESS IN LEADING ROLE

Honourable Mention : Cate Blanchett (Carol),  Charlotte Rampling  (45 Years),  Rosa Salazar (Night Owl), Kitana Kiky Rodriguez (Tangerine), Lily Tomlin (Grandma), Alicia Vikander (The Danish Girl), Nina Hoss (Phoenix), Margot Robbie (Z for Zachariah),  Jennifer Lawrence  (Mockingjay : Part II), Charlize Theron (Mad Max : Fury Road), Carey Mulligan (Far From Madding Crowd), Kristen Wiig (Welcome to Me)

#5 Greta Gerwig – Mistress America

Greta Gerwig - Mistress America

She’s a grace, she’s a beauty, she’s a mistress America – a spectacular nuance – Greta Gerwig semakin matang mengukuhkan dirinya sebagai aktris yang matang, menggabungkan kepribadian histeris dengan antusiasme menular yang membuatnya menjadi symbol yang pas bahwa “a failure could be so fun !”

#4 Brie Larson – Room

Brie Larson - Room

Same Hollywood, different spot ! Disitulah Brie Larson berada sekarang. Ia harus berterimakasih dengan snub yang ia alami saat berperan sebagai Grace dalam Short Term 12. Menciptakan skenario bahwa ia aktris yang tak bisa lagi dihiraukan, karakter Ma adalah karakter penuh amunisi untuk membawanya memboyong piala Oscar : the physical demand meets human drama meets universal message !

#3 Elisabeth Moss – Queen of Earth

Elisabeth Moss - Queen of Earth

What a selfish performance ! Karena Elisabeth Moss memberikan penampilan dimana tak sedetikpun penonton tak bisa mengalihkan pandangan dari kerutan, pandangan mata, sampai monolog panjang yang secara brutal disampaikan Moss sebagai kepribadian yang mengalami keruntuhan.

#2 Rooney Mara – Carol

Rooney Mara - Carol

Be a Lisbeth Salander and she’s flung out of space, be an ordinary woman who falls in love with older woman, and she’s still flung out of space ! Karakter Therese Belivet disampaikan secara dingin oleh Rooney Mara kemudian dilelehkan dengan baik setiap saat ia keluar dari isolasi keluguannya.

#1 Saoirse Ronan – Brooklyn

Saoirse Ronan - Brooklyn

Apa yang sulit dari sebuah karakter seperti Eilis Lacey yang merupakan hanya seorang gadis biasa dengan masalah yang begitu relatable ? Yaitu Saoirse Ronan bisa memunculkannya ke permukaan semua perasaan yang ia rasakan ke layar : homesick-ness, the heartbroken, the flaw of her character and falling in love, yang membuat penonton akan jatuh cinta lagi dan lagi. Ronan adalah gadis yang membuat “gadis” ini special !

BEST ACTOR IN LEADING ROLE

Honourable Mention :  Leonardo DiCaprio (The Revenant), Jason Bateman (The Gift), Tom Hanks (Bridge of Spies), Ben Mendehlson (Mississippi Grind), Johnny Depp (The Black Mass), Ben Wishaw (Paddington), Eddie Redmayne (The Danish Girl), Tom Courtenay (45 Years)

#5 Mark Ruffalo – Infinitely Polar Bear

Mark Ruffalo - Infinitely Polar Bear

Skenario yang penuh dengan teriakan, kutub kepribadian yang meloncat tanpa pemanasan, dan Mark Ruffalo menyampaikannya dengan penuh charming charisma tanpa terlalu mengeksploitasi penyakitnya menjadi sesuatu yang menyedihkan. He converted it into, somewhat, eccentric ! So sad, he got wrong spotlight this year !

#4 Michael Fassbender – Steve Jobs

Michael Fassbender - Steve Jobs

Aston Kutcher is a Steve Jobs but he couldn’t act, Michael Fassbender is DEFINITELY not a Steve Jobs, but he is Steve Jobs now, dan itulah yang membuatnya sebagai salah satu aktor berbakat yang bekerja saat ini. That’s what men do !

#3 Paul Dano – Love & Mercy

Paul Dano - Love and Mercy

Lagi, lagi, aktor langka yang bisa bertransisi dari sisi adorable dan sisi annoying-nya dan dalam film ini Paul Dano memberikan getaran kepribadian yang begitu fragile, yang kemudian disingkronkan dengan penampilan tua John Cussack, Paul Dano adalah sebuah presisi.

#2 Michael Fassbender – Macbeth

Michael Fassbender - Macbeth

Sebuah penampilan transformatif tanpa transformasi fisik berlebihan lainnya dari Michael Fassbender !

#1 Jacob Tremblay – Room

Jacob Tremblay - Room

Ketika seorang aktor, aktris memberikan penampilan apik tentu saja akan mengundang pertanyaan. Apakah ia hanya berbakat, apakah ia hanya seorang natural, atau dia hanya beruntung ? Jacob Tremblay adalah semua itu. Menjadi seorang anak yang terkungkung dalam satu perspektif, Tremblay dibantu oleh sang sutradara, bermuara pada satu penampilan sensitif dan kritikal dari seorang aktor cilik. He will have great future, if he gets Lucky !

 

Best movies will be revealed soon !

2 comments

  1. masas sih kate winslet ada di spot 2 dibawah alicia vikander.. pdhl menurut ku winslet di steve jobs memberikan suatu perfomance yg jarang bahkan sangat langka bagiii aktris ataupun aktor yg ada slamaaa inii.. because oh god! perfect polish armenian accent nya di steve jobs.. bahkan jauh lebih baik dripada accent polish meryl streep di sophie choic.. sorry you liat so wrong.. FAIL!!!

Leave a comment